Foto : Istimewa

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas Utara – Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas Utara gelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, dengan tema ” Generasi Sehat Indonesia Unggul “, dihalaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Gunung Tua,Rabu (17/12/2019).

Dalam acara tersebut, Kepala Desa Padang Garugur Imran Daud Siregar Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara terima piagam penghargaan Desa Siaga dari Pjs Kepala Dinas Kesehatan Paluta Dr.Sri Prihatin atas kepeduliannya tentang kesehatan dan hilangnya Stunting didesa tersebut.

Kepada awak media Imran berharap, kiranya seluruh masyarakatnya kedepan dapat lebih baik lagi dalam hal hal kesehatan yang ada diwilayah desanya.

Imran juga mengucapkan terimakasih kepada bidan desa setempat serta seluruh kader Posyandu, Posbindu dan Pos Lansia yang ada di desanya, terlebih kepada Kepala Puskesmas Gunung Tua yakni Dr Herlina.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan dr.Sri Prihatin, yang telah memberikan piagam penghargaan kepada desanya.

“Saya berharap kedepannya masyarakat desa kami bisa lebih baik lagi dalam hal memperhatikan tentang kesehatan yang ada diwilayah kita,agar kita bisa kembali menerima penghargaan seperti ini ditahun tahun berikutnya.” ucap Imran

“Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu kepala dinas kesehatan yang telah memilih desa kami sebagai desa siaga dalam kegiatan HKN Ke-55 Tahun 2019 ini,” tambah Imran.

Terimakasih juga saya ucapkan kepada bidan desa serta seluruh kader posyandu, Posbindu dan Poslansia yang telah mendukung penuh Kegiatan kegiatan peduli kesehatan yang kami lakukan didesa kami selama ini

Dalam kegiatan Memperingati HKN Ke-55 ini tampak dihadiri Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP.M.Si yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara serta membacakan sambutan seragam Menteri Kesehatan RI.

Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Paluta mengatakan, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM berkualitas yaitu “stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”, serta dua isu lainnya yang harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan.

Keempat isu di atas akan menjadi fokus perhatian bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Selanjutnya Pembangunan SDM telah diraih ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun yang diukur dari meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting sebesar 10% dalam 5 tahun, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dan menurunnya angka TB.

Pada lima tahun terakhir ini, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar yaitu paradigma sehat,penguatan akses pelayanan kesehatan,dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti germas atau gerakan masyarakat hidup sehat, PIS-PK atau program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dan NS atau nusantara sehat.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta Dr Sri Prihatin Harahap dalam sambutannya mengatakan Dalam rangka memperingati HKN Ke-55 tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Paluta telah melakukan beberapa kegiatan di antaranya pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita serentak hari ini di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Paluta.

Menurutnya, pelaksanaan Kelas Ibu Hamil bertujuan meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ibu hamil, bersalin dan nifas serta tumbuh kembang balita yg optimal.

Dalam Peringatan HKN Ke-55 ini, Kadis Kesehatan Paluta juga menjelaskan telah ada tiga kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Paluta yang telah terhindar dari Buang Air Besar (BAB) secara sembarangan antara lain Kecamatan Halongonan Timur, Kecamatan Simangambat serta Kecamatan Ujung Batu.(jufri/ds)