Menu
Warta Mandailing

Pemko Dan Segenap Warga Kota Padangsidimpuan Laksanakan Sholat Gerhana Matahari

  • Bagikan
Jamaah yang melaksanakan Shalat Gerhana Matahari di Masjid Agung Al Abror, Padangsidimpuan (foto:humas)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pemerintah Kota Padangsidimpuan dan segenap masyarakat melaksanakan Shalat Gerhana Matahari (Shalat Kusuf) di Mesjid Agung Al-Abror Padangsidimpuan, Kamis (26/12/2019).

Gerhana Matahari Cincin yang bertepatan 29 Rabi’ul Akhir 1441 H, dan Puncak Gerhana Matahari Tepat Pada Pukul 12.17 WIB yang juga melewati Kota Padangsidimpuan dan beberapa Kota Lainnya di Indonesia.

Gerhana matahari cincin yaitu ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tampak matahari. Alhasil, pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.

Sebelumnya, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH mengeluarkan Surat Edaran Nomor 005/7668/2019 untuk melaksanakan Shalat Kusuf.

Walikota, Irsan menganjurkan kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak dzikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal lainnya. Selain itu beliau juga menghimbau agar umat islam berdo’a untuk keselamatan Bangsa dan Negara.

(foto:humas)

Sejak pukul 10.00 WIB, warga dari berbagai penjuru Kota Salak sudah berdatangan ke mesjid terbesar Mesjid Agung Al-Abror Padangsidimpuan, tidak sedikit pejabat terlihar hadir dalam pelaksaanan sholat gerhana itu.

Terlihat warga yang melaksanakan salat gerhana itu dari segala kalangan umur baik dewasa, anak muda, orang tua bahkan anak-anak.

Selain itu, sebagian warga di Kota Padangsidimpuan juga terlihat antusias ketika menyaksikan fenomena langka tersebut. Warga terlihat mengabadikannya baik dari kamera digital maupun kamera telepon selulernya.(bs/r)

  • Bagikan