Ilustrasi Gempa (foto: istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Aceh – Gempa bermagnitudo 6,4 terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh. Tak ada potensi tsunami akibat gempa ini.

Dilihat dari situs BMKG, gempa terjadi pukul 13.05 WIB, Selasa (7/1/2020) pada koordinat 2,29 LU-96,24 BT.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG.

Pusat gempa berada di kedalaman 13 Km. Lokasi gempa 24 Km barat daya Sinabang, Aceh. Belum ada informasi soal kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Gempa dengan magnitudo 6,4 terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh. Warga di Simeulue dan Aceh Singkil merasakan guncangan gempa.

Ketika gempa terjadi sekitar pukul 13.05 WIB, Selasa (7/1/2020), warga di Kabupaten Simeulue sempat panik dan berlarian keluar rumah. Warga panik karena getaran gempa terasa kuat.

“Gempa terasa kuat. Warga sempat panik,” kata salah satu warga Simeulue, Ahmadi.

Kepala BPBD Simeulue Ali Hasmi mengatakan gempa terjadi usai waktu salat zuhur. Dia menyebut warga terkejut akibat getaran gempa.

“Tadi masyarakat sempat terkejut. Tapi Alhamdulillah tidak apa-apa,” kata Ali.

Tim BPBD masih melakukan pengecekan ada tidaknya kerusakan akibat gempa. Selain di Simeulue, guncangan gempa juga dirasakan warga di Aceh Singkil, dan beberapa kabupaten lain di Aceh. Getaran juga terasa di Medan.

“Terasa gempa tadi,” kata salah satu warga Medan, Lia, Selasa (7/1/2020).

Dia mengatakan gempa membuat panik dirinya dan orang-orang di sekitarnya yang berada di lantai 7 salah satu gedung di Jalan Imam Bonjol, Medan. Mereka pun langsung turun lewat tangga evakuasi.

“Kami sampai turun dari tangga ini dari lantai 7,” ujarnya.

Warga Medan lainnya, Mira, juga mengatakan getaran gempa terasa di kantornya. Dia dan orang-orang yang ada di lantai 4 salah satu kantor di Jalan Putri Hijau harus turun lewat tangga.

Gempa bermagnitudo 6,4 terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, sekitar pukul 13.05 WIB. Tak ada potensi tsunami akibat gempa ini.(wm/detik.com)