Menkpolhukam, Mahfud MD meninjau kesiapan pengamanan laut Natuna di kawasan Faslabuh TNI AL Selat Lampa (foto : istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Natuna – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md meninjau situasi pengamanan di laut Natuna,Provinsi Kepulauan Riau Kabupaten Natuna, Rabu (15/1/2020).

Mahfud bersama rombongan tiba di bandara Raden Sadjad disambut Plt Gubenur Kepri Isdianto, Wakil Bupati Natuna Hj Nesti Yuni Suprapti, anggota DPRD Natuna  dan Ketua Lembaga Adat Melayu Natuna (LAM) H Wan Zawali.

Ia ke Natuna bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Pangkogabwilhan I Laksmana Madya TNI Yudo Margono, dan beberapa pejabat kementerian dan lembaga terkait.

Dalam kesempatan itu, Mahfud menuturkan bahwa instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan patroli di perairan Natuna. Kedatangannya ke Natuna salah satunya untuk memastikan instruksi Jokowi terlaksana dengan baik.

Foto : Istimewa

Sebagai bukti, di atas KRI Semarang, Mahfud sempat menyaksikan kapal-kapal yang bertugas di sana dan secara simbolik memberikan penghormatan. Selain itu, Mahfud juga menyaksikan fly pass pesawat F-16 milik TNI AU.

“Instruksi presiden, supaya volume patroli ditingkatkan. Tadi saudara melihat secara simbolis kesiapan patroli,” kata Mahfud di perairan Natuna.

Dalam kesempatan itu, Mahfud dan rombongan juga melakukan rapat koordinasi terbatas secara tertutup di atas KRI Semarang. Menurutnya rapat tersebut membahas peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta lembaga terkait untuk mengelola Natuna.

“Bukan hanya melakukan (peningkatan) volume patroli, tetapi mengisi kegiatan pemanfaatan sumber daya Natuna,”  ujar Mahfud.(wm/Haluankepri.com)