Rumor Wafatnya Kim Jong-Un Kecoh Dunia

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-Un

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Setelah tidak muncul selama 20 hari sehingga menimbulkan beragam rumor mengenai kondisinya, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, akhirnya menampakkan diri pada Jumat (1/5/2020) kemarin.

Rekaman video dan foto kehadiran Kim Jong-un saat menghadiri peresmian pabrik pupuk di wilayah Sunchon beredar luas. Dia juga ditemani sang adik, Kim Yo-jong.

Surat kabar Korea Utara, Rodong Sinmun, menerbitkan sejumlah foto Kim Jong-un mengenakan jaket terusan hitam mengelilingi pabrik. Dia juga melakukan peresmian dengan upacara menggunting pita di lokasi tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (2/5/2020), Kantor berita Korea Utara, KCNA, menuliskan para buruh di pabrik tersebut sangat gembira dengan kehadiran Kim. Mereka menyatakan peresmian pabrik tersebut adalah upaya untuk membentuk kemandirian ekonomi Korut di tengah tekanan beragam sanksi oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Ini adalah kemunculan perdana Kim Jong-un sejak 11 April lalu. Saat itu Kim absen dalam rapat membahas penanganan virus corona dan mengutus Yo-jong.

Sejak saat itu kabar miring terus bermunculan.  Kim Jong-un disebut kritis, bahkan ada yang menyebut sudah meninggal, akibat komplikasi saat menjalani bedah kardiovaskular.

Tindakan itu diambil karena dia disebut mengalami masalah kesehatan yang salah satunya dipicu kegemukan (obesitas). Kemudian, banyak yang memperkirakan Kim Yo-jong yang akan menggantikan posisinya.

Read More

Akan tetapi, seluruh prediksi itu buyar setelah dia muncul dalam peresmian pabrik tersebut.

Sumber: CNNindonesia

Related posts