Foto ILUSTRASI

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Kemendagri, dan DPR RI sepakat mengundur waktu pencoblosan Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020 mendatang. Ajang pemilu lokal lima tahunan itu akan menjadi yang terbesar karena digelar di 270 wilayah di Republik Indonesia.

Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) salah satu wilayah yang akan menggelar pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti, sejumlah nama sudah muncul dalam kontestasi tersebut. Banyak baliho dan spanduk para kandidat yang kemungkinan akan bertarung pada pemilihan Bupati/Wakil Bupati periode mendatang.

Nama-nama petarung dalam perebutan kursi Bupati di Tapsel itu semakin hangat dibicarakan dan menjadi topik top di kalangan elit politik maupun pada level masyarakat bawah, baik di dalam perkumpulan warga bahkan di warung kopi.

Dari Baliho dan spanduk yang beredar diantaranya Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, yang diketahui ia masih menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tapsel dikabarkan turut serta maju sebagai Balon (Bakal Calon) Bupati.

Selain itu, nama Muhammad Yusuf Siregar juga tenar dibicarakan masyarakat ikut bertarung dalam pilkada tersebut. Ketua DPD Nasdem Tapsel itu kemungkinan besar didampingi Ketua DPD Partai Golkar, H. Rahmat Nasution, S.Sos maju sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Saya yakin sekali bang Yusuf Siregar dan bang Rahmat Nasution berdampingan maju dalam pilkada besok, mereka sudah pas ikut bertarung nantinya melawan calon bupati dan wabup lainnya,” ungkap Rozy kepada Warta Mandailing di salah satu warung kopi daerah Desa Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan.

Kemudian, nama kandidat lain juga dikabarkan akan turut serta memperebutkan kursi nomor satu di Kabupaten Tapsel, yakni Doli Sinomba Siregar. Informasi dari berbagai sumber menyebutkan dirinya sudah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Tapsel ke PDIP, PPP, Hanura termasuk ke parpolnya sendiri Partai Golkar.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati yang akan ikut tampil salah satunya, Ir. H. Aswin Efendi Siregar, MM. MH yang diinformasikan juga sudah mendaftar ke Partai PAN, belum dapat diprediksi bergandengan dengan Balon Bupati yang mana.

Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan ada nama-nama lain yang berpeluang muncul sebagai Balon Bupati dan Wabup sebelum melakukan pendaftaran di KPUD Tapanuli Selatan. Masyarakat penasaran akan deklarasi sosok kandidat-kandidat yang akan bertarung pada pilkada 2020 ini. (Par)