Menciptakan Lingkungan ALFA

Ilustrasi (foto: net)

Oleh: Subarna Bae

WARTAMANDAILING.COM – Ada lima jenis gelombang yang dipancarkan oleh otak manusia, yaitu:

I. Gelombang Delta > Gelombang delta pada manusia berfungsi untuk memproduksi hormon yang dapat mengurangi rasa stres, mencegah penuaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Gelombang ini memancar dari diri seseorang ketika ia sedang tertidur.

II. Gelombang Teta > Gelombang teta sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit yang diderita seseorang. Gelombang ini memancar keluar ketika tubuh sedang tertidur.

III. Gelombang Beta > Gelombang beta mempunyai manfaat meningkatkan kewaspadaan dan logika berfikir. Gelombang ini memancar dari diri seseorang ketika orang tersebut sedang melakukan aktifitas fisik seperti olah raga, bekerja, dan lain-lain.

IV. Gelombang Alfa > Gelombang alfa berfungsi untuk menenangkan dan menstabilkan emosi. Gelombang ini akan memancar dari diri seseorang ketika orang tersebut dalam keadaan tenang dan rileks.

V. Gelombang Gamma > Gelombang gamma muncul pada saat seseorang sedang melakukan aktifitas yang tidak biasa atau sangat aktif seperti sedang berlomba, kerja keras, dll. Gelombang ini dapat menghasilkan banyak ide yang sangat bermanfaat dalam pemecahan masalah.

Dari kelima gelombang yang dimiliki oleh manusia tersebut di atas, gelombang alfa mempunyai peran sangat penting untuk menunjang keberhasilan anak dalam menyerap atau memahami ilmu yang sedang dipelajari.

Read More

Suasana alfa dapat diciptakan dengan beberapa cara, misalnya dengan memperdengarkan musik. Musik yang diperdengarkan haruslah dipilih yang dapat menciptakan suasana tenang sehingga dengan adanya alunan musik dapat membantu belajar bukan justru mengganggu konsentrasi.

Pilihan lain menciptakan suasana alfa adalah dengan memperdengarkan lantunan tilawah Al-Qur’an. Lantunan tilawah Al-Qur’an mempunyai irama yang lembut sehingga ini sangat bisa membantu membentuk suasana alfa. Sesuaikan volume suara agar tidak terlalu keras juga tidak terlalu pelan.

Related posts