Polres Siagakan 647 Personel Pada Pengamanan Pilkades Tapsel Tahun 2022

Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH pimpin Apel Serpas Operasi Mantap Huta Toba 2022 menjelang Pilkades serentak di Tapsel (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) siagakan 647 personel.

Kesiap siagaan personel itu ditandai dengan apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Operasi Mantap Huta Toba 2022, Selasa (13/12/2022) pagi di lobi Kantor Bupati Tapsel, Sipirok.

Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH bertindak sebagai pimpinan Apel dan Kapolsek Sipirok, AKP Ismaya, bertindak sebagai Perwira Apel kemudian Ipda Ery Juanda Situmorang, SH, menjadi Komandan Apel.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan, Apel Serpas adalah salah satu upaya pengecekan akhir kekuatan pasukan. Selain itu, Apel Serpas menjadi wujud kesiapan Polri bersama stake holder terkait mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara Pilkades serentak di Kabupaten Tapsel.

“647 personel itu terdiri dari 261 orang dari Polres Tapsel, 75 orang dari BKO Polres Padang Sidempuan, kemudian 96 orang dari BKO Yon C Sat Brimob Polda Sumut dan BKO Polda Sumut sebanyak 115 orang serta dari TNI 100 orang,” papar Kapolres merincikan.

Para personel tersebut, menurut Kapolres, siap mengawal maupun melaksanakan tugas pengamanan secara maksimal. Berdasarkan perkiraan intelijen dan hasil rapat koordinasi kesiapan pengamanan Pilkades bersama instansi terkait, bahwa pada pelaksanaan Pilkades ini, tidak ada desa yang rawan.

“Namun, kita harus tetap laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Supaya Pilkades tapsel tahun 2022 ini berjalan dengan aman dan lancar,” ajaknya.

Read More

Ia yakin dan percaya seluruh personel Polri dan stake holder terkait yang terlibat akan mampu laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan, berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugasnya.

Kata dia, para personel Polri juga mampu mengemban tugas pengabdian ke bangsa, negara, serta menjunjung tinggi netralitas tugas tersebut. Untuk hadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkades itu, Kapolres juga sampaikan sejumlah himbauan.

Ia meminta agar personel siapkan kondisi mental dan fisik yang berdasar komitmen moral dan disiplin kerja tinggi. Sehingga, dapat menampilkan jati diri petugas pengamanan sebagai sosok yang Presisi, pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel.

“Selanjutnya, pedomani aturan perundang-undangan terkait Pilkades serta SOP pengamanan yang berlaku,” pintanya.

Apel Serpas Operasi Mantap Huta Toba 2022 itu tampak hadir, mewakili Bupati Tapsel M Frananda, SE, Pabung Kodim 0212/TS Mayor Arm Hasran Harahap, SH, Kajari Tapsel Antoni Setiawan, SH, MH, Danyon C Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, SH, MH dan Wadanyon 123/RW Mayor Inf Antoni Zebua serta Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. (r)

Related posts