PT. RMM Kebun Sikara-kara Bersama Kodam I/BB Gelar Sosialisasi Komcad

Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) pada Kamis (16/03/2023) di Aula Serbaguna PT. RMM Kebun Sikara-Kara, fhoto : Istimewa.
Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) pada Kamis (16/03/2023) di Aula Serbaguna PT. RMM Kebun Sikara-Kara, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Perusahaan perkebunan PT. Rimba Mujur Mahkota (RMM) Kebun Sikara-kara menjadi lokasi Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) pada Kamis (16/03/2023) di Aula Serbaguna PT. RMM Kebun Sikara-Kara, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT. RMM bekerjasama dengan Kodam I Bukit Barisan.
acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan doa serta sambutan dari GM. PT. RMM, Bapak Hermawan.

Beliau menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara Sosialisasi Komcad tersebut. “Terselenggaranya kegiatan ini merupakan kerjasama yang baik dari perusahaan PT. RMM yang menyadari pentingnya menanamkan sikap Bela Negara dan Cinta Tanah Air. Salah satu wujudnya dengan pembentukan Komcad nantinya apabila negara membutuhkan.”sambut Hermawan.

Komandan Koramil (Danramil) 0212/17 Natal, Letda Elman, dalam sambutannya, menyampaikan tentang pentingnya mengikuti kegiatan tersebut.

“Komcad sendiri merupakan Komponen Cadangan, artinya komponen yang dipersiapkan memperkuat komponen utama tiga Matra yaitu, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Daratm”ucap Letda Elman.

Lanjut Letda Elman, berharap agar kegiatan sosialisasi yang diikuti sebanyak 65 peserta tersebut dapat berjalan lancar.

Kemudian kegiatan dilanjutkan ke acara inti dengan Narasumber dari Kodam I Bukit Barisan oleh Mayor CZI Manat Sianturi, S.Kom, S.H, M.H

Read More

Narasumber Mayor CZI Manat Sianturi, S.Kom, S.H, M.H menyampaikan, menjadi anggota Komcad (Komponen Cadangan) khususnya di wilayah Koramil 0212/17 Natal yang merupakan tempat PT. RMM Kebun Sikara-kara dan PT. DIS berdiri.

Lebih lanjut Mayor CZI Manat Sianturi, S.Kom, S.H, M.H yang merupakan Pabanda Wanwil SiterDam I/BB menyampaikan bahwa Komcad merupakan Komponen Cadangan yang dapat diartikan merupakan Sumber Daya Nasional. Hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 3 Tahun 2021, keberadaan Komcad diartikan sebagai sumber daya nasional. Komcad dipersiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi memperbesar dan memperkuat kemampuan komponen utama. Komponen utama tiga matra TNI, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi Komcad tersebut, General Manager (GM) PT. RMM Bapak Hermawan, Manager HRD, Danramil 0212/17 Natal Letda Elman, mewakili Camat Natal oleh Kasi PMD Kecamatan Natal Pitoko GS, mewakili Camat Muara Batang Gadis, Babinpotmar TNI AL, Para Askep kebun PT. RMM dan PT. DIS, Ormas FKPPI, Tokoh Masyarakat sekitar dan undangan lainnya.

Sebagai informasi, Pembentukan Komcad sendiri diamanatkan juga oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. (Ali)