Bupati Madina : Segera Rujuk Bayi Pengidap Penyakit Bawaan Lahir ini ke Rumah Sakit

Bupati Madina didampingi Kepala RSUD Panyabungan jeguk bayi penderita penyakit bawaan lahir di Desa Iparbondar Gunungtua, Sabtu (27/5/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Bupati Madina didampingi Kepala RSUD Panyabungan jeguk bayi penderita penyakit bawaan lahir di Desa Iparbondar Gunungtua, Sabtu (27/5/2023) fhoto : Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Bupati Madina H.M. ja’far Sukhairi Nasution menyambangi rumah kediaman bayi pengidap penyakit bawaan lahir di Desa Iparbondar Gunungtua, Kecamatan Panyabungan, Kab Madina.

“Segera rujuk bayi ini dan observasi ke rumah sakit umum Panyabungan, supaya kita tau langkah apa yang diambil selanjutnya.”ujar Bupati saat menjenguk bayi di rumah neneknya, Sabtu (27/5/2023)

Bupati Madina menjelaskan, biarkan ditangani tim dokter dulu, kalau sudah dapat diagnosa penyakit baru kita tau langkah apa dan solusi apa yang harus diambil.

“Tergantung dokter, kalau lah dirujuk ke Medan kita rujuk, dan biaya pasien ditangani oleh Pemkab Madina.”jelasnya.

Sementara kepala rumah sakit umum Panyabungan dr Rusli Pulungan menyampaikan, penyakit ini baru pertama kali kita temukan dan kini segera kita rujuk ke RSUD Panyabungan.

“Jenis penyakit seperti ini baru pertama kali ditemukan di daerah kita, ini termasuk penyakit langka.”ujar dr Rusli.

Orangtua bayi Saddam Husein mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemkab Madina yang telah turun langsung meninjau kondisi kesehatan anaknya.

Read More

“Terimakasih pak Bupati, saya berharap anak saya bisa segera ditangani dengan baik.”ujar Saddam.

Diberitakan sebelumnya, Seorang bayi laki-laki asal Desa iparbondar Gunung tua, kecamatan Panyabungan, kabupaten Mandailing Natal, mengalami pembengkakan bawaan lahir pada bagian bokong.

Ayah Saddam Husein (34) menyampaikan, kelainan yang diderita anak keduanya itu berupa pembengkakan di bagian tulang ekor sejak lahir, kata dokter rumah sakit Permata Madina jenis penyakitnya spina bifida, unspecified.

“Anak kami lahir dengan cara dioperasi di rumah sakit umum Permata Madina, saya kaget dan takut melihat kondisi anak kami yang lahir dengan kondisi bokong bengkak seperti itu.”jelas husein kepada Warta Mandailing. (Syahren)