Edy Rahmayadi Resmikan Pemugaran Cagar Budaya Bagas Godang Hutagodang

Peresmian Bagas Godang Huta Godang, Gubernur Sumatera utara Edy Rahmayadi dan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution di sambut dengan ulosi holong, Selasa (29/8/2023) fhoto : Munir Lubis/Wartamandailing.
Peresmian Bagas Godang Huta Godang, Gubernur Sumatera utara Edy Rahmayadi dan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution di sambut dengan ulosi holong, Selasa (29/8/2023) fhoto : Munir Lubis/Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Gubernur Sumatera Utara (Sumut ) Edy Rahmayadi meresmikan pemugaran Cagar Budaya Bagas Godang Hutagodang di Kelurahan Hutagodang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal, Selasa ( 29/08/2023).

Setelah dipugar Bagas Godang ini ke depan diyakini akan menjadi daya tarik utama desa wisata di Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita sekaligus peninjauan bersama.

Acara dihadiri dua anggota DPRD Sumut H.A. Yasir Ridho Lubis (Fraksi Partai Golkar) dan Abdul Rahim Siregar (Fraksi PKS) serta Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, tokoh masyarakat Madina H.Khoiruddin Nasution, Mudir Ponpes Musthafawiyah Purbabaru H. Mustafa Bakri Nasution.

Juga hadir sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut dan Pemkab Madina, Forkopincam dan dinas/jawatan, pihak keluarga besar Bagas Godang Hutagodang, raja-raja adat se- Mandailing, namora natoras Ulupungkut, para tokoh adat, tokoh masyarakat, pelajar dan juga ratusan masyarakat Kecamatan Ulupungkut.

Kehadiran Edy Rahmayadi dan rombongan disambut dengan pengalungan bunga diiringi dengan gondang dua dan moncak, seterusnya gondang sabe-sabe (Mangalehen ulos) dan tor raja-raja.

Usai meresmikan Bagas Godang, Gubsu Edy Rahmayadi selanjutnya melepas wisata arung jeram di sungai Batang Pungkut. Dengan dibukanya lokasi arum jeram tersebut diharapkan akan semakin banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke daerah Ulupungkut.

Raja Junjungan Lubis IV / Juara Lubis dari Bagas Godang Hutagodang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang begitu besar perhatian dan kepeduliannya terhadap Ulupungkut menuju daerah wisata agro budaya dan sejarah, termasuk Bagas Godang Hutagodang yang pembangunannya telah terlaksana dengan baik.

Read More

“Ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Ulupungkut. Kami berkeyakinan berkat perhatian dan kebijakan Gubsu, daerah kami ini akan semakin maju dan berkembang. Namun mesti begitu, kami tetap berharap agar Pemprovsu terus memprogramkan pembukaan jalan tembus menghubungkan daerah kami ke Sumbar dengan secepatnya,” ujarnya.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi dalam kesempatan itu menyampaikan kalau sudah yang kelima kali datang ke Ulupungkut. “ Ini sudah kayak kampung kedua saya,” katanya.

Dijelaskan, renovasi Bagas Godang itu seharusnya sudah dimulai di tahun 2021, tapi saat itu kondisinya tidak bisa dilaksanakan akibat adanya recofusing anggaran.

“Ini hanya sebagian kecil, tapi harusnya diresmikan, setelah ini selesai semua sampai nanti mentok kebelakang dan ada air terjun yang nantinya akan dijadikan pasilitas daerah pariwisata di Ulupungkut ini, “ujarnya.

Edy Rahmayadi lebih jauh mengungkapkan kalau Ulupungkut adalah daerah bagus karena kanan kirinya diapit oleh ketinggian, begitu indah alamnya dan air sungainya begitu jernih mengalir yang menjadikan potensi pariwisata yang indah di Mandailing Natal.

“Mandailing Natal ini potensi wilayah dan demografinya sangat tinggi, jadi ke depan harus dibenahi secara bersama-sama. Saya berharap agar masyarakat jangan merusak alam, jangan mengganggu alam, nanti kita yang diganggu oleh alam,” pintanya.

Diketahui, peletakan batu pertama sebagai pertanda dimulainya revitalisasi pembangunan Bagas Godang Hutagodang dilaksanakan oleh Gubsu Edy Rahmayadi pada Rabu (12/10/2022) lalu dan selesai pada tahun 2023 ini. Pada tahun ini pihak Pemprov Sumut melalui Dinas Pariwisata masih terus merenovasi kompleks atau kawasan sekitar Bagas Godang tersebut.

Dengan dipugar nya Bagas Godang tersebut tentunya merupakan sejarah bagi warga Ulu Pungkut, khususnya warga Kabupaten Mandailing Natal, apalagi Bagas Godang Hutagodang itu telah ditetapkan sebagai sebagai Cagar Budaya.

Mungkin baru Bagas Godang Hutagodang inilah pertama kali di wilayah Madina yang ditetapkan sebagai Cagar Budaya. Semoga ke depan, masyarakat dan Pemkab Madina akan terus berjuang, Karena di Madina masih banyak tempat tempat bersejarah lainnya.

Sebelum ke Ulupungkut pada Senin (28/08/2023), Gubsu Edy Rahmayadi dan rombongan mengunjungi Kecamatan Bukit Malintang dan seterusnya menuju Pakantan dan menginap di Bagas Godang Pakantan Kecamatan Pakantan.(Munir Lubis).