Satu Unit Rumah di Kotanopan Rusak Ditimpa Tanah Longsor

Perangkat Desa bersama warga serta Forkopincam Kotanopan saat melakukan pembersihan dan pengangkatan material tanah yang menimpa dinding rumah, kamis (21/9/2023) fhoto : Munir Lubis / Warta Mandailing.
Perangkat Desa bersama warga serta Forkopincam Kotanopan saat melakukan pembersihan dan pengangkatan material tanah yang menimpa dinding rumah, kamis (21/9/2023) fhoto : Munir Lubis / Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (20/09/2023) menyebabkan satu unit rumah rumah tertimpa tanah longsor di Desa Sayurmaincat.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dua kamar rumah beserta tempat tidur, lemari serta fondasi bagian dapur rusak.

Informasi yang dihimpun di desa itu, Kamis (21/09/2023) mengatakan, rumah semi permanen ini milik Lokot Parinduri alias Jatimbulan (70). Ditimpa tanah longsor Selasa (20/0/20239) sekitar pukul 18.30 Wib, saat hujan deras mengguyur wilayah ini.

Secara tiba tiba tembok penahan tanah yang ada di bagian atas rumah longsor dan menimpa dinding dan langsung merusak dua kamar dan dinding dapur.

Beruntung saat itu tidak ada korban jiwa. Begitu tembok penahan runtuh, Jatimbulan beserta istri dan dua orang anaknya langsung keluar rumah menyelamatkan diri.

Namun beberapa peralatan kamar seperti lemari dan tempat tidur tidak bisa terselamatkan dan langsung di timpa tanah.

Kepala Desa Sayurmaincat Fahruddin Lubis membenarkan ada satu rumah warganya tertimpa tanah longsor di akibatkan tembok penahan di bagian atas rumah longsor.

Read More

“ Dek penahan yang ada di bagian atas rumah longsor dan menimpa dinding rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, dua kamar dan fondasi bagian dapur rusak. Selain itu, tempat tidur dan lemari juga rusak ,” katanya.

Ia menyampaikan, saat ini perangkat desa bersama warga serta Forkopincam Kotanopan sedang melakukan pembersihan dan pengangkatan material tanah yang menimpa dinding rumah tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Kotanopan diwakili Sekcam Bahren Daulay, Danramil 014 Kotanopan Lettu Inf. Syaiful Abdi bersama beberapa anggota dan personil Polsek Kotanopan.

“Diperkirakan material tanah yang menimpa rumah itu akan selesai dibersihkan hari ini juga. Sedangkan korban dan keluarga sampai hari ini masih tetap tinggal di rumah tersebut ,” ujarnya. (Munir Lubis).