Bocah SD Kelas 1 di Panyabungan Alami Kaki Bengkak, Kini Jarang Masuk Sekolah

Kaki Novi sebelah kiri dari mulai paha hingga ujung jari mengalami pembengkakan yang mengakibatkan dirinya sulit beraktifitas dan bermain seperti anak seusianya, Kamis (28/9/2023) fhoto : Syahren / Warta Mandailing.
Kaki Novi sebelah kiri dari mulai paha hingga ujung jari mengalami pembengkakan yang mengakibatkan dirinya sulit beraktifitas dan bermain seperti anak seusianya, Kamis (28/9/2023) fhoto : Syahren / Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Nasib malang yang menimpa Novi Yana Ariska (8) siswa kelas 1 SDN 088 Panyabungan ini sudah jarang masuk sekolah lantaran penyakit yang dideritanya.

Kaki sebelah kiri dari mulai paha hingga ujung jari mengalami pembengkakan yang mengakibatkan dirinya sulit beraktifitas dan bermain seperti anak seusianya.

Menurut Anni Sari (28) ibu kandung Novi, putrinya mengidap penyakit bawaan lahir, kaki sebelah kirinya ada benjolan hitam bagaikan tahi lalat dan menurut dokter pembengkakan itu sejenis penyakit kanker.

“Kami sudah bawa ke RSUD Panyabungan tujuh tahun yang lalu, dan dokter menyarankan untuk dirujuk ke rumah sakit kota medan, “ujar Anni Sari di kediamannya, Kamis (28/9/2023).

Diceritakan Anni, saat di rumah sakit kota Medan, dokter menyampaikan ini penyakit kanker dan juga ada gangguan pembuluh darah di bagian kaki kiri, karena usia Novi belum genap dua tahun dokter menuturkan untuk sementara belum bisa ditangani.

“Kini sudah tujuh tahun berlalu, kami belum bisa membawa Novi kembali berobat lantaran belum ada biaya, sementara ini kami hanya mengandalkan pengobatan tradisional, dan Novi kini sudah dua minggu tidak bisa ke sekolah karena penyakit di bagian kakinya semakin membengkak, “ujar ibunya.

Lanjut, Kata Anni Sari, tak banyak yang bisa kami lakukan untuk mengobati penyakit yang diderita anak kami, saya hanya seorang ibu rumah tangga yang tak punya penghasilan apa-apa sementara suami hanya seorang buruh bangunan lepas.

Read More

“Novi memang punya BPJS, tapi kami tidak punya biaya operasional, saya sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah dan juga para dermawan agar anak saya segera mendapat pengobatan, kasihan kakinya bengkak mirip kaki gajah, hitam serta berkeringat dan bahkan sering berdarah, “ungkapnya.

Dalam kunjungan jurnalis, kaki bocah perempuan berambut agak keriting itu terlihat bengkak dan ada benjolan-benjolan kecil yang tersebar di kaki kirinya.

Ketika ditanya itu kaki terasa panas atau gimana?. “Ini gatal dan panas, “jawab Novi, sembari meminta tolong, om bantu Novi ya om, “sambungnya.

Diketahui, Novi Yana Ariska (8) anak kedua dari pasangan Sunardi (30) suami dan istri Anni Sari (28) merupakan warga kelurahan Sipolu-polu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Pasangan suami istri yang memiliki tiga anak tersebut saat ini numpang tinggal di rumah berdinding kayu milik nenek Novi di lingkungan lV Kelurahan Sipolu-polu. (Has)