Hujan Deras Semalaman, Tebing Longsor Menutup Akses Jalan Desa Simandolam

Sejumlah warga menatap bahu jalan yang tertimbun material longsor, Kamis (9/11/2023) fhoto : Wartamandailing.
Sejumlah warga menatap bahu jalan yang tertimbun material longsor, Kamis (9/11/2023) fhoto : Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Tebing di Jalan Desa Simandolam Muara Potan, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami longsor karena curah hujan tinggi sejak sore, akibatnya longsor menutup badan jalan Desa.

“Iya benar, hujan deras sejak sore akibatnya tebing longsor dan menutupi akses jalan Desa Simandolam, “ujar Ahmad Zubeir lewat sambungan telepon, Kamis (9/11/2023)

Zubeir mengatakan, curah hujan tinggi sejak sore mengakibatkan tebing dipinggir jalan runtuh dan menutup bahu jalan hal ini terjadi sekira pukul 22.00 WIB, Rabu (8/11).

“Akibat longsor ini akses jalan warga Desa Simandolam dan Muara Potan terputus total tak bisa dilalui kendaraan, ” terang Zubeir.

Poto : Sejumlah warga desa mulai melakukan pembersihan secara manual dengan alat seadanya.

Menurut Zubeir, longsornya tebing itu dipicu hujan tinggi, dan jalan di areal ini juga sempit, selain itu tanah disekitar lokasi tidak mampu menahan resapan air hujan serta kurang lancarnya saluran pembuangan air hujan.

“Akibatnya tebing jalan longsor sehingga menutup akses jalan warga di dua desa, “pungkasnya.

Read More

Zubeir menambahkan, penanganan sementara terhadap tebing longsor menutup bahu jalan, saat ini warga melakukan pembersihan dengan cara manual.

“Penanganan telah dilakukan pembersihan dengan alat seadanya oleh warga pengguna jalan pagi ini, sementara longsor diperkirakan mencapai 30 meter menutup badan jalan, butuh alat berat untuk diturunkan melakukan pembersihan material longsor ini agar akses warga kami bisa secepatnya lancar, “harapnya. (Has)