Sertijab Kades Terpilih, Pesan Camat Tambangan Perbaiki Adminduk Desa

Para kepala desa yang mengikuti serah terima jabatan (sertijab) saat poto bersama dengan Camat Tambangan Muslih Lubis dan Forkopincam serta undangan lainnya di aula kantor Camat Tambangan, Rabu ( 08/11/2023). fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis).
Para kepala desa yang mengikuti serah terima jabatan (sertijab) saat poto bersama dengan Camat Tambangan Muslih Lubis dan Forkopincam serta undangan lainnya di aula kantor Camat Tambangan, Rabu ( 08/11/2023). fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis).

WARTAMANDAILING.COM – Mandailing Natal – Sebanyak sebelas jabatan Kepala Desa ( Kades) di wilayah Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal diserah terimakan. Serah terima jabatan (sertijab) Penjabat Kepala Desa lama kepada kepala desa terpilih itu dipimpin Camat Tambangan Muslih Lubis, di aula kantor Camat, Rabu (08/11/2023).

Sertijab sejalan dengan telah dilantiknya 256 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 Kabupaten Mandailing Natal oleh Bupati Madina HM. Jafar Sukhairi Nasution di Gedung Serbaguna Amru Daulay Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, Jum’at ( 27/10/2023) lalu.

Dalam kesempatan itu Camat Tambangan Muslih Lubis meminta para kepala desa yang ada di Tambangan utamanya kades yang baru terpilih untuk segera melakukan dan memperbaiki data maupun administrasi kependudukan (adminduk) desa masing-masing, bukan hanya data warga yang lahir, tapi data yang meninggal pun harus tetap dilaporkan setiap bulannya.

“Bagaimana kita membangun kecamatan ini ke depan kalau data kita simpang siur, apalagi dalam memasuki tahun politik mendatang ini. Sejak dilantik di Gedung Serbaguna beberapa hari lalu, para kepala desa terpilih sudah terhitung bekerja utamanya dalam memperbaiki administrasi desa khususnya dengan instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat, karena data itu sangat penting guna merencanakan pembangun desa,” ucapnya.

Dia juga mengharapkan agar tidak ada lagi pengkotak-kotakan masyarakat akibat perbedaan pilihan pada Pilkades lalu.

“Semua harus dirangkul, kepala desa terpilih harus berkoordinasi dengan semua pihak yang ada di desa. Apalagi menghadapi tahun politik ini, para kepala desa juga harus netral dan tidak berpihak ,” ujarnya.

Lanjut, Muslih bersama Forkopincam Tambangan yang hadir juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Tambangan yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkades 2023.

Read More

“Saya mohon bapak-bapak Forkopincam mengikuti saya untuk membungkukkan badan sebagai tanda terima kasih kita kepada masyarakat yang telah melaksanakan pelaksanaan Pilkades tanpa ada masalah ,” sebut Muslih Lubis.

Sebelumnya, Hasan Basri Panjaitan mewakili BPD mengingatkan kepala desa terpilih untuk dapat menunaikan tugas dengan amanah dan penuh tanggungjawab. Kemudian mampu menjadi pengayom di tengah-tengah masyarakat menuju desa yang lebih baik ke depan.

“Semoga dengan terpilihnya saudara menjadi kepala desa, akan membawa barokah di desa masing-masing. Kami berharap saudara mampu menjadi motor penggerak dan pengayom masyarakat dalam membangun desa masing-masing menuju arah kebaikan ,” katanya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Sayuti Hamidi mewakili Penjabat Kepala Desa dalam sambutannya mengharapkan kepala desa terpilih dapat merangkul seluruh warga di masing-masing desa dalam melanjutkan pembangunan desa.

“Pemilihan kepala desa sudah selesai. Kita harus kembali bersatu untuk membangun desa masing- masing ke arah yang lebih baik. Harapan kami, tidak ada lagi warga merah, putih dan hitam. Warna-warni itu harus segera kita buang ,” pintanya.

Sedangkan Najamuddin sebagai salah seorang kades terpilih di Kecamatan Tambangan tepatnya Desa Tambangan Jae mengajak seluruh kepala desa terpilih untuk bersama-sama membangun dan memajukan desa masing-masing.

“Mari bekerjasama untuk membangun Kecamatan Tambangan. Kita jangan mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan rakyat. Kami tolong dibimbing, terutama dalam masalah pemberantasan narkoba yang semakin mengkhawatirkan ,” tuturnya.

Adapun kesebelas desa yang melakukan serah terima jabatan kepala desanya, masing-masing Desa Rao-Rao Dolok dari Penjabat kepala desa Rahim kepada kepala desa terpilih M. Batara, Desa Tambangan Jae dari Irpani kepada Jamuddin, Desa Simangambat TB dari Muslih kepada Ahmad Rasyid Nasution, Desa Pasar Laru dari Asnawi kepada Sahrial Efendi Lubis.

Kemudian Desa Laru Dolok dari Ilham Sabar kepada Sahlan Rangkuti, Desa Laru Bolak dari Thamrin kepada Budi Saleh, Desa Laru Baringin dari Siti Aisyah kepada Mardansyah Lubis, Desa Muara Mais Jambur dari Irma Asnita kepada Anwar Sadad, Desa Huta Tonga AB dari Ahmad Jafar kepada Ali Muda Hasibuan, Desa Muara Mais dari Awaluddin kepada Syahrir dan Desa Pastap Julu dari Sayuti Hamidi Lubis kepada kades terpilih Bahagia Lubis.

Hadir dalam Sertijab tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam), kepala instansi/ kepala UPTD, kepala desa terpilih, penjabat kepala desa, ketua/anggota BPD desa yang baru Pilkades, para pendamping desa lokal dan undangan lainnya. Sertijab ditandai dengan penyerahan stempel, NPWP, buku dan asset desa lainnya secara simbolis. ( Munir Lubis).