Jalan Lintas Medan-Padang Sudah Bisa Dilalui Pasca Longsor di Muaramais

Pihak terkait berhasil membuka kembali Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sebelumnya tertutup oleh longsoran dan sekitar pukul 12.00 Wib sudah bisa dilewati kendaraan bermotor. Fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis.
Pihak terkait berhasil membuka kembali Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sebelumnya tertutup oleh longsoran dan sekitar pukul 12.00 Wib sudah bisa dilewati kendaraan bermotor. Fhoto : Wartamandailing/ Munir Lubis.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Jalan lintas Medan-Padang di Desa Muaramais, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal yang sempat tertutup total sejak Kamis (16/11/2023) dini hari akibat tertimbun material longsor kini sudah bisa kembali dilewati kendaraan siang ini.

Diketahui, pihak terkait menurunkan dua alat berat jenis excavator dan bekho loader . Setelah bekerja sekitar 2 jam, ruas jalan ini sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup.

Pantauan di lapangan, alat berat pertama berupa Bekho Loader datang sekitar pukul 10.00 Wib. Berselang satu jam kemudian datang alat berat jenis Excavator. Sekitar pukul 12.00 Wib, jalur ini sudah bisa dilalui baik roda dua dan roda empat.

Kejadian itu telah membuat antrian panjang kendaraan dari dua arah. Puluhan bahkan ratusan kendaraan terjebak dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Sebagian dari mereka ada yang memilih memutar mencari tempat lebih aman sambil menunggu material longsor diangkat dan dibersihkan instansi terkait.

Di lokasi, tampak hadir meninjau bencana tanah longsor itu, Kapolres Mandailing Natal AKBP. H. M. Reza Khairul AS didampingi Kasatlantas AKP. Syamsul Arifin Batubara dan Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga. Juga Kepala BPBD Madina Mukhsin, Camat Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay serta Danramil Kotanopan Kapten Inf Syaiful Abdi.

Sebelumnya, tanah longsor telah menimpa badan jalan nasional itu di kawasan Desa Muara Mais Kecamatan Tambangan. Longsor ini terjadi Kamis (16/11/2023) dinihari atau sekira pukul 01.00 Wib.

Read More

Material longsor yang jatuh dari atas bukit cukup banyak. Panjangnya mencapai 30 meter dengan ketinggian 20 meter. Setelah sempat tertahan 9-10 jam lebih, kendaraan baru bisa lewat. Kondisi ini tentunya menyebabkan antrian panjang mencapai 2 KM baik dari arah Panyabungan dan juga dari Kotanopan.

Saat ruas jalan ini bisa dilewati, pihak kepolisian dari Polres Madina dan Polsek Kotanopan dibantu personil Ramil 014 Kotanopan dan UPT Dishub Kotanopan terus mengatur agar lalu lintas agar berjalan lancar. (Munir Lubis).