180 Anak di Kotanopan Ikuti Khitanan Gratis yang digelar Keluarga H Hasbullah Lubis

Sebanyak 180 anak mengikuti bakti sosial berupa khitanan massal gratis yang di gelar keluarga  Alm. H. Hasbullah Lubis, senin (18/12/2023) fhoto : Istimewa.
Sebanyak 180 anak mengikuti bakti sosial berupa khitanan massal gratis yang di gelar keluarga  Alm. H. Hasbullah Lubis. Senin (18/12/2023) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sebanyak 180 anak dari dua kelurahan dan sepuluh desa yang ada di Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal mengikuti bakti sosial berupa khitanan massal gratis yang di gelar keluarga  Alm. H. Hasbullah Lubis.

Kegiatan yang berlangsung mulai dari Senin (18/12/2023) dan Selasa ( 19/12/2023) dipusatkan di dua lokasi yakni  dikediaman Almarhum H. Hasbullah Lubis di Jalan Sawahan/ Sindang Laya Kelurahan Pasar Kotanopan dan di Kelurahan Tamiang.

Bakti sosial itu dibuka Camat Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay dan dihadiri H.Suhdi Lubis dan isteri (perwakilan keluarga H. Hasbullah Lubis), mewakili Kapolsek dan Ramil 14 Kotanopan, Kepala UPT. Puskesmas Kotanopan dr. Saleh Usman Parinduri.

Juga hadir Korwil VII Dinas Pendidikan Hj. Wahdeni,  Kepala Terminal Kotanopan, Kepala Kantor Urusan Agama Kotanopan M. Ikhwan Lubis, Lurah Tamiang Paruhuman Lubis, Lurah Pasar Kotanopan  M.Arjun Nasution,  tokoh masyarakat Mandailing Julu H. Reza Fahlewi Lubis dan undangan terkait lainnya.

Erli Dalimunthe selaku panitia pelaksana melaporkan kegiatan khitanan massal ini terlaksana hasil kerja sama keluarga Almarhum H. Hasbullah Lubis dengan UPT. Puskesmas Kotanopan dan Korwil VII Dinas Pendidikan Kotanopan.

Kemudian, kegiatan ini murni ibadah, tidak ada embel – embel politik  dan kepentingan. “Ini semua bentuk kepedulian keluarga Almarhum H.Hasbullah yang dalam hal ini diwakili H. Suhdi Lubis ,” ucapnya.

Dikatakan, khitanan massal diikuti 180 anak yang berasal dari  dua kelurahan dan seluruh desa yang ada di kecamatan Kotanopan.

Read More

“Tempat pelaksanaan kegiatan ini ada di dua tempat, pertama di rumah Almarhum H. Hasbullah di Jalan Sawahan Kotanopan dan satu lagi berlokasi  di salah satu TK yang ada di Kelurahan Tamiang ,” ujar Kepala SD Negeri No 190 Kotanopan itu.

Sementara H. Suhdi Lubis sebagai perwakilan keluarga besar H.Hasbullah Lubis mengatakan, kegiatan sunatan massal yang di laksanakan selama dua hari ini murni mengharap Ridha Allah, tidak ada embel – embel politik dan kepentingan.  

“Kegiatan bakti sosial yang kami gelar ini merupakan suatu bentuk pengabdian saya kepada kedua orang tua yang telah terlebih dahulu meninggal dunia. Semoga kegiatan ini mendapat Ridha dari Allah SWT, “sebutnya.

Suhdi Lubis merasa pengabdiannya kepada kedua orang tua selama ini  sangat jauh dari kurang. Jadi, pahala kegiatan ini semoga di ijabah Allah SWT dan di sampaikan kepada kedua orang tua, keluarga dan kaum muslimin semuanya.

“Kegiatan bakti sosial seperti ini  sudah yang ke lima kali kami gelar. Jika Allah SWT masih memberikan rezeki dan kesehatan, di tahun depan  Insya Allah kegiatan serupa akan tetap kami  laksanakan, “terang H. Suhdi Lubis.

Sedangkan Camat Kotanopan Ahmad Pamilu Daulay dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih banyak kepada keluarga Almarhum H. Hasbullah yang telah melaksanakan kegiatan ini. Apalagi kegiatan yang digelar ini murni ibadah, tidak ada kepentingan lain.

Atas nama Forkopincam, Ahmad Pamilu Daulay mengucapkan terimakasih kepada keluarga Almarhum H. Hasbullah Lubis yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi, apalagi peserta sunatan massalnya hampir di ikuti  200 anak yang berasal dari dua kelurahan dan sepuluh desa di Kotanopan. Semoga niat baik mereka di terima Allah SWT dan kegiatan serupa bisa kembali di laksanakan di tahun depan, “harap Camat Kotanopan itu.

Hasil pantauan di lapangan, kehadiran  seratusan anak – anak yang mau di khitanan ini di dampingi orang tua masing masing. Begitu memasuki ruangan sunatan massal,  banyak di antara mereka yang menangis.

Orang Tua dan petugas UPT. Puskesmas Kotanopan sepertinya sibuk membujuk sebagian anak – anak agar mau dikhitan. Terlihat juga semua guru- guru SD Negeri No 190 Kotanopan terlihat hadir dalam kegiatan khitanan massal tersebut. (Munir Lubis).