Jalan Putus Karena Longsor, Ibu Mau Melahirkan di Madina Ditandu 1 Kilometer

Dedek zainal merupakan anggota DPRD Madina ikut mengevakuasi seorang ibu yang mau melahirkan, Senin (25/12/2023) fhoto : Syahren/Wartamandailing.
Dedek zainal merupakan anggota DPRD Madina ikut mengevakuasi seorang ibu yang mau melahirkan, Senin (25/12/2023) fhoto : Syahren/Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Perempuan bernama Nur Kholilah (36) asal Desa Lubuk Bondar, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terpaksa ditandu sejauh satu kilometer melintasi hutan karena akses jalan dari kampungnya menuju Panyabungan terputus akibat tertutup longsor. Nur Kholilah dievakuasi warga menuju Rumah Sakit Umum Panyabungan untuk mendapat pertolongan lantaran hendak melakukan persalinan.

Pantauan Wartamandailing di lokasi jalan pintas Senin (25/12/2023) ibu nur ditandu sejumlah warga dengan cara terbaring diangkat menggunakan kain sarung.

Fhoto : ibu mau melahirkan di Madina ditandu lewat jalan tikus menuju RSUD Panyabungan.

Warga terlihat berhati-hati membawa ibu Nur, hal ini karena jalan pintas yang mereka lewati cukup terjal dan licin.

“Terpaksa ditandu karena jalan jembatan merah-muarasoma yang longsor belum bisa dilewati sepeda motor apalagi mobil ambulans untuk menjemput warga kami yang mau melahirkan, “ujar Irwansyah Kepala Desa Lubuk Bondar yang ikut menandu warganya.

Kata Kepala Desa Lubuk Bondar Irwansyah menyampaikan, Nur Kholilah merupakan Warga kami dari Desa Lubuk Bondar, Kecamatan Batang Natal, dia hendak melahirkan anak ke tiganya.

“Sebelumnya kami bersama pihak keluarga telah musyawarah, ibu Nur mau di bawa kemana (Sumbar atau Madina) dengan berbagai pertimbangan akhirnya di putuskan Ibu Nur ditandu lewat jalan tikus menuju Panyabungan, “ujarnya.

Read More

Sementara, Dedek Zainal yang kita temui di lokasi mengaku langsung bergerak memberi pertolongan ketika mendapat kabar ada warga yang harus segera mendapat pertolongan karena hendak melahirkan.

“Kita dapat info dari warga ada seorang ibu yang mau melahirkan, sejumlah orang pun saya kerahkan untuk menandu ibu itu lewat jalan tikus dari arah Natal menuju Panyabungan, kita langsung turun untuk menjemput, dan saya sendiri menyiapkan mobil di ujung jalan pintasan, “ujar Dedek Zainal yang merupakan anggota DPRD dari Partai Nasdem ini.

Diketahui, akses jalan utama jalan provinsi jembatan Merah – Muarasoma belum dapat dijangkau dan dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat, akses jalan tersebut sebelumnya putus akibat tertimbun longsor, pada Jumat (21/12/2023).

Pantauan senin (25/12/2023) Dua dari tiga alat berat yang diturunkan UPT PUPR Kotanopan terus melakukan pembersihan material longsor di Aek Inumon ll, satu alat berat rusak dan kini sedang diperbaiki mekanik, diketahui sore ini satu alat berat excavator bantuan dari pemkab Madina diturunkan dan sudah tiba di lokasi. (Has)