28 Anggota KPPS Desa Mombang Boru yang Lulus Seleksi Resmi Dilantik

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – 28 anggota Kelompok Penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) Desa Mombang Boru, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) resmi dilantik pada Kamis (25/1/ 2024).

Pelantikan dan pengambilan sumpah ke 28 anggota KPPS tersebut digelar di kantor desa Mombang Boru oleh ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Mombang Boru, Syairani Siregar mewakili ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapteng.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan jingle Pemilu 2024, kemudian pembacaan surat keputusan KPU Kabupaten Tapteng serta penandatanganan fakta integritas KPPS yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Syairani menuturkan, sebanyak 28 anggota KPPS setelah lulus seleksi menjadi bagian dari penyelenggara pemilu kemudian dilantik hari ini untuk ditempatkan bertugas pada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di desa Mombang Boru.

“Selamat kepada anggota KPPS yang baru dilantik, diharapkan teman-teman semua dapat menjaga integritas pemilu pada 14 Februari mendatang,” ucap Syairani.

Dalam sambutan ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari yang dibacakan Syairani menyampaikan bahwa peranan KPPS sangatlah penting dalam penyelenggaraan pemilu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan umum.

Masih dalam rangkaian sambutan, Syairani menyebutkan, salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Disebutkan juga, anggota KPPS adalah garda terdepan dalam Pemilu nanti.

Read More

“Sebab itu, diharapkan kepada anggota KPPS untuk melaksanakan tugas dengan berpedoman langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujar Syairani melanjutkan bacaan kata sambutan ketua KPU RI.

Dalam bertugas, lanjutnya lagi, anggota KPPS supaya berpedoman kepada ketentuan dan perundang-undangan Pemilu. Bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan.

“Serta meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih di saat pelaksanaan pemilu yang tinggal beberapa hari lagi,” imbuhnya lagi.

Dalam acara pelantikan 28 anggota KPPS Desa Mombang Boru itu juga dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon Matoa di depan kantor Desa Mombang Boru sebagai wujud kepedulian dan rasa terima kasih kepada alam. (L. Naibaho)