Desa Mombang Boru Tentukan RKPDes Tahun 2025 dan Penetapan Penerima BLT di kantor Desa

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – Pemerintah Desa Mombang Boru, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar di kantor Kepala Desa, Jumat (26/1/ 2024).

Musrenbang dilaksanakan untuk menentukan skala prioritas pembangunan yang akan tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2025.

Selain dihadiri seratusan masyarakat, musyawarah juga diikuti unsur pemerintahan desa, perwakilan kecamatan, penyuluh pertanian, pendamping desa, perwakilan Puskesmas, kader posyandu, dan unsur lembaga pendidikan.

Kepala Desa Mombang Boru, Masri Manik mengatakan, Musrenbang merupakan agenda tahunan, guna memperoleh program pembangunan skala prioritas. Sebelum Musrenbang tingkat desa digelar, terlebih dahulu dilakukan penggalian gagasan pada tiap dusun.

“Hasil dari Musrenbang ini nantinya kita bawa ke tingkat kecamatan,” kata Masri.

Ia berharap, dengan terselenggaranya kegiatan Musrenbang semua perencanaan nantinya bisa terealisasi, dengan harapan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain menentukan program pembangunan prioritas untuk tahun 2025, peserta musyawarah juga memufakatkan rumah tangga sasaran (RTS) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2024. Disepakati, 70 RTS yang memenuhi syarat akan menerima BLT Dana Desa tahun 2024.

Read More

Berikut, prioritas usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Mombang Boru tahun 2025, pembangunan kantor kepala desa di Dusun III, peningkatan jalan hotmix di Dusun III, pembangunan jalan usaha tani di Dusun II, pembangunan saluran irigasi di Dusun II, pembangunan jalan rabat beton di Dusun III, pengadaan mobiler SMP Satu Atap Mombang Boru, dan pembangunan gedung belajar PAUD. (L. Naibaho)