Masa tenang, Bawaslu Madina dan Satpol PP Sapu Bersih APK Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Madina Aliaga Hasibuan bersama Satpol-PP menurunkan APK yang masih terpajang di jalan protokol Panyabungan, Senin (12/2/2024) fhoto : Syahren / Wartamandailing.
Ketua Bawaslu Madina Aliaga Hasibuan bersama Satpol-PP menurunkan APK yang masih terpajang di jalan protokol Panyabungan, Senin (12/2/2024) fhoto : Syahren / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Bawaslu bersama satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) Mandailing Natal sapu bersih alat peraga kampanye (APK) di hari kedua masa tenang pemilu 2024. Penertiban ini ditargetkan harus rampung 1 hari sebelum pemungutan suara, Rabu (14/2/2024)

Ketua Bawaslu Madina Aliaga Hasibuan M.H. menuturkan pembersihan alat peraga kampanye (APK) telah dilakukan sejak memasuki masa tenang pemilu 2024.

“Pembersihan alat peraga kampanye ini telah dilakukan sebelumnya oleh teman-teman pengawas, dan kini hari ke dua masa tenang, kita targetkan APK yang belum diambil peserta pemilu kita bersihkan, “ujar Aliaga kepada Wartamandailing, Senin (12/2/2024)

Dijelaskan, setiap partai ataupun calon anggota legislatif (Caleg) diperbolehkan mengambil atau mencopot sendiri APK mereka. Aliaga pun menyebut pihaknya telah mengimbau parpol untuk mencopot APK nya dua hari sebelum masa tenang.

“Partai politik atau caleg boleh menurunkan secara mandiri atribut atau APK yang ingin dimiliki, silahkan diambil sendiri, “katanya.

Kemudian, ketua Bawaslu Madina mengatakan sejumlah Billboard yang masih terpasang APK calon legislatif dan presiden di jalan protokol Panyabungan sehingga pihaknya segera menurunkan dengan menyewa tenaga ahli dalam hal tersebut.

“Kami gunakan tenaga manual untuk memanjat billboard karena itu berisiko kalau kita yang lakukan sendiri. Crane di dinas Perhubungan Madina ada, tapi kini sedang rusak, “ujarnya.

Read More

Lebih lanjut, ketua Bawaslu Madina mengatakan untuk penertiban APK di billboard di sekitar jalan protokol dan Willem Iskandar saat ini tinggal beberapa buah lagi.

Sebelumnya penertiban telah dilakukan panwascam sejak memasuki 1 hari masa tenang, sementara di H-ll Pemilu ini kita turun dibantu satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) Madina dan pihak kepolisian.

“Saat ini APK di billboard masih ada yang belum diturunkan, kita kesulitan karena tidak ada alat bantu, dan penertiban ini masih dilanjutkan malam ini dan yang sudah ditertibkan ada ratusan APK di kantor Bawaslu Madina, “tutupnya. (Has)