Kafilah Kotanopan Dilepas Menuju MTQ Madina Di Puncak Sorik Marapi

Sebanyak 33 rombongan Kafilah Kecamatan Kotanopan dilepas dari halaman kantor Camat Kotanopan, Senin (29/04/2024) fhoto : Istimewa.
Sebanyak 33 rombongan Kafilah Kecamatan Kotanopan dilepas dari halaman kantor Camat Kotanopan, Senin (29/04/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sebanyak 33 rombongan Kafilah Kecamatan Kotanopan dilepas dari halaman kantor Camat Kotanopan, Senin (29/04/2024) untuk mengikuti perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2024 dipusatkan di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Peserta dilepas Camat Kotanopan Agus Salim bersama para Muspika, Kepala KUA Kotanopan M. Ikhwan Lubis, dinas/instansi serta para kepala desa se- Kecamatan Kotanopan.

Adapun peserta yang diberangkatkan menuju MTQ Madina terdiri dari 9 official, 12 kafilah laki-laki dan 12 kafilah perempuan. Mereka akan mengikuti beberapa cabang dari sembilan cabang diperlombakan dalam MTQ tersebut.

Agus Salim dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat berjuang kepada seluruh peserta MTQ, kemudian tetap percaya diri pada kemampuan yang dimiliki.

“Ananda semua adalah orang pilihan, jadi harus mantap dan yakin bahwa apa yang telah ananda pelajari itu sudah maksimal dan optimal. Anak-anak kami harus bisa menunjukkan prestasi yang lebih baik. Kalian adalah contoh dan panutan untuk lebih peduli dan menanamkan nilai-nilai agama Islam bagi generasi muda khususnya di Kecamatan Kotanopan,” pesannya.

Syiarnya MTQ Madina ke XXIII katanya, menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di bidang keagamaan. Karena pada prinsipnya penyelenggaraan MTQ adalah untuk meningkatkan gairah umat Islam, khususnya generasi muda Mandailing Natal.

“Kalian merupakan contoh bagi generasi muda agar senantiasa mencintai,membaca,memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari baik dari masing-masing individu maupun masing-masing keluarga ,” ujarnya.

Read More

Selain itu, dia juga meminta kepada para official, pendamping dan pelatih untuk dapat memberikan motivasi kepada para peserta.“Saya titip para peserta kepada para pendamping atau official agar mereka dapat tampil dengan maksimal dan dapat meraih prestasi, ”ujarnya.

Camat juga berpesan kepada seluruh official untuk benar-benar memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan peserta, begitu juga dengan kesehatan peserta. “Kami sangat berharap agar para official dan peserta dapat benar-benar memperhatikan kesehatan agar dapat tampil maksimal. Karena menjaga kesehatan peserta sangat penting untuk dapat tampil maksimal ,” tambahnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – XXIII tahun 2024 Tingkat Kabupaten Mandailing Natal yang akan diikuti 23 kecamatan dipusatkan di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi pada Senin (29/04/2024) hingga Kamis (02/05/2024).

Pada MTQ kali ini, Pemkab Madina merencanakan menyiapkan berbagai hadiah menarik kepada peserta terbaik baik untuk kalangan putra maupun putri, salah satunya menyiapkan hadiah paket umroh khusus kepada 2 peserta terbaik untuk kategori Tahfidzul qur’an kategori dewasa putra dan putri.

Ada sembilan jenis di perlombaan dalam MTQ tahun ini, mulai dari perlombaan cabang musabaqah, qiraat Al-Qur’an, hapalan Al-Qur’an, tafsir Al Qur’an, fahmil Al-Qur’an, syarhil Al-Qur’an, seni kaligrafi dan karya tulis ilmiah berbasis Al-Qur’an.

Semoga pelaksanaan MTQ Madina ke XXIII berjalan lancar dan mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Dan melalui MTQ diharapkan akan semain banyak mencetak dan menanamkan kecintaan generasi muda pada Al- Qur’an dan Islam bagi masyarakat Mandailing Natal.

Karena tujuan MTQ ini digelar salah satunya untuk menanamkan kecintaan pada Al Quran dan Islam bagi masyarakat di Madina. Kemudian untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al- Quran bagi umat Islam dalam rangka penghayatan, pemahaman dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari,” (Munir Lubis).