Sekda Palas Berangkatkan JCH Menuju Asrama Haji Kota Medan

Sekda Palas Arpan nasution melepas jemaah calon haji kloter 10 Padang Lawas, Selasa (21/5/2024) fhoto : Istimewa.
Sekda Palas Arpan nasution melepas jemaah calon haji kloter 10 Padang Lawas, Selasa (21/5/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Pj Bupati Padang Lawas melalui Sekda Padang Lawas Arpan Nasution berangkatkan Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 10 embarkasi kota Medan dari halaman Mesjid Agung Al Munawaroh, jalan KH. Dewantara Sibuhuan menuju asrama haji Medan, Selasa (21/05/2024) pukul 15.45 wib.

Tangis haru pun mengiringi pemberangkatan di mesjid Agung Al Munawaroh antara sanak famili jamaah calon haji dan keluarga serta lantunan tasbih dan tahmid terjadi.

“labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak,’ disampaikan para bilal.

Pemberangkatan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Padang Lawas terdiri dari 273 jamaah ditambah pendamping 3 orang, dengan rincian 115 jamaah laki-laki dan 158 jamaah perempuan, diantara jamaah yang berjumlah 273 tergabung dalam kloter 10 kota Medan.

Diantara calon jamaah haji asal Kabupaten Padang Lawas yang tergabung dalam kloter 10, jamaah termuda atas nama Amru Marza Kana (Laki Laki) asal Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, sedangkan jamaah tertua seorang perempuan atas nama Sarimah Hasibuan asal Kecamatan Barumun Baru.

Sekda Palas Arpan mengatakan, pada tahun 2024 Kabupaten Padang Lawas memberangkatkan Jemaah Calon haji (JCH) sebanyak 273 di tambah 3 orang pendamping, yang kita memberangkatkan  sore hari ini.

“Saya berpesan, kepada JCH untuk mengatur pola makan, menjaga kesehatan karena jika di sana kurang sehat, maka akan mengurangi pelaksanaan ibadahnya dan jaga nama baik, “harapnya.

Read More

“Pelaksanaan haji sendiri, sebagian besar modalnya adalah sehat. Kalau itu sudah terpenuhi pastinya rangkaian kegiatan ibadah haji dapat dilaksanakan dengan sempurna, “katanya.

“Jangan lupa para jemaah Kabupaten Palas harus bisa tolong menolong antar jemaah, jika ada yang kesulitan  supaya dibantu, upayakan ibadahnya bisa bareng-bareng ,” tegasnya.

Sekda juga berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Padang Lawas agar mendoakan jamaah calon haji yang berangkat tahun ini agar selalu sehat sejak pemberangkatan sampai pulang kembali ke Padang Lawas.

“saya juga berharap agar kita mendoakan mereka yang berangkatkan menjalankan ibadah ketanah suci 276 orang dan kembali ke Palas ini tetap dangan jumlah yang sama, dan menjadi haji yang Mabrur,” harap Sekda.

Selain harapan, kepada masyarakat Palas, Ia juga bermohon kepada jamaah agar masyarakat Kabupaten Padang Lawas di doakan bisa melaksanakan ibadah haji ketanah suci Makkah Almukaromah.

‘Saya juga berpesan kepada jamaah yang berangkat ketanah suci untuk menjalankan ibadah haji agar mendoakan saudara kita dapat menjadi jamaah di tahun-tahun akan datang, “pungkas Arpan Nasution.

Sementara, Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika SIK melalui Kasatlantas AKP Tongan Siregar mengatakan, pengamanan dan pengawalan lalulintas kita lakukan agar masyarakat dapat terhindari dari kecelakaan dan jamaah calon haji dapat merasa nyaman.

“Pengawalan kita lakukan sebaik dan seketat mungkin demi kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan di wilayah mesjid Agung Al Munawaroh, dan rute yang akan di lewati jamaah calon haji kita hingga sampai ke asrama haji medan,’ terangnya.

Selain Sekda Palas Arpan Nasution yang hadir dalam pemberangkatan jamaah haji, juga hadir Kakan Kemenag Abdul Manan, para pimpinan OPD dan undangan lainnya. (Wahyu P Siregar)