49 Calhaj Kotanopan Diberangkatkan Menuju Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan

Camat Kotanopan Agus Salim bersama muspika dan tokoh masyarakat memberangkatkan jemaah calon haji kotanopan menuju Masjid Nur Ala Nur Panyabungan, Senin (27/5/2024) fhoto : Munir Lubis / Wartamandailing.
Camat Kotanopan Agus Salim bersama muspika dan tokoh masyarakat memberangkatkan jemaah calon haji kotanopan menuju Masjid Nur Ala Nur Panyabungan, Senin (27/5/2024) fhoto : Munir Lubis / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal –  Sebanyak 49 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal tahun 1445 H/ 2024 M dilepas pemberangkatannya dari aula kantor Camat menuju Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan,Senin (27/05/2024).

Jemaah Calon haji yang diberangkatkan seterusnya akan bergabung dengan 358  jemaah calon haji dari beberapa kecamatan lainnya yang dijadwalkan sore ini akan dilepas menuju Embarkasi Haji  Medan yang akan menuju tanah suci dalam kelompok terbang 15.

Hadir dalam pelepasan itu Camat Kotanopan Agus Salim, Danramil 014 Kapten  Inf Syaiful ABDI,  Kapolsek Kotanopan  AKP Parsaulian Ritonga,  Kapuskesmas dr. Saleh Usman Parinduri, Kepala KUA Ikhwan Lubis,Korwil VIII Dinas Pendidikan Hj. Wahdeni, ketua MUI H. Laung Lubis,,tokoh masyarakat  H.Khoiruddin Nasution dan H.Riza Fahlewi Lubis  serta undangan terkait lainnya.

Kepala KUA Kotanopan, Muhammad Ikhwan Lubis dalam laporannya menyampaikan, jumlah jemaah calon haji asal Kotanopan yang diberangkatkan dalam kloter 15 ini sebanyak 49 orang.

“Mereka ini akan bergabung dengan Calon Jemaah Haji lainnya yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal yang diberangkatkan dari Masjid  Agung Nur Ala Nur Panyabungan sore ini menuju Asrama Haji Medan ,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk jemaah haji termuda musim haji tahun ini  dari Kotanopan bernama Ridoandyah usia 24 tahun asal  desa Hutapungkut Jae. Sedangkan jemaah calon haji tertua dari Kotanopan Imran Bakhri Daulay 82 tahun dari Kelurahan Pasar Kotanopan. Untuk ketua rombongan 8 ini adalah Humala Muda.

“Para jemaah calon haji kami harapkan untuk saling tolong menolong dalam melaksanakan rukun dan wajib haji, menjaga kesehatan dan semoga kembali ke tanah air dengan membawa predikat haji yang mabrur dan mabrurah ,” katanya.

Read More

Dalam kesempatan pemberangkatan itu, Camat Kotanopan Agus Salim bersama dua tokoh masyarakat Kotanopan H.Khoiruddin Nasution dan H.Reza Fahlewi Lubis mengharapkan para calhaj tetap menjaga kesehatan, kesabaran dan kekompakan selama berada di tanah suci.

“Alhamdulillah, waktu yang dinanti sudah tiba yaitu berangkat ke tanah suci. Kami doakan yang terbaik, semoga calhaj selalu diberikan kesehatan, kembali ke Kotanopan dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” ucap Agus Salim.

Agus pun berharap seluruh calhaj dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan diberi kemudahan. Dia juga berpesan agar calhaj memperhatikan jadwal, waktu maupun peraturan selama di tanah suci.

Kepada para jemaah calon haji juga diminta untuk  menjaga kesehatan dan saling bantu antara sesama jemaah. Punya uang jangan pelit, terutama untuk kesehatan. Begitu juga dengan keluarga jemaah diharapkan jangan membebani jemaah calon haji dengan belanja atau oleh oleh.

Kemudian mengingat panjangnya lagi  perjalanan yang harus dilalui jemaah, diminta kepada jemaah rileks dan memperbanyak kesabaran serta saling bantu antara sesama jemaah dalam melaksanakan rukun dan wajib haji.

”Keberangkatan ini harus disyukuri, ikhlaskan jiwa dan hati karena akan menjadi tamu Allah .Banyak berdoa, jaga kesehatan, kekompakan dan kebersamaan sesama calhaj .Selamat menjalankan rukun Islam kelima. Semoga sehat selalu, pulang dengan selamat dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman ,” pinta Camat.

Pantauan di lapangan, pemberangkatan jemaah haji ini juga di hadiri  ratusan keluarga jemaah. Deraian air mata jemaah calon haji dan keluarga mengiringi pemberangkatan  menuju Panyabungan.(Munir Lubis).