Ternyata SMK Pertama Di Indonesia Ada Di Batam, Kepri

Kepala Sekolah SMK Kartini Batam, Mujiono, Spd Memberikan sambutan pada pembukaan acara Coaching Clinik, kerjasama SMK Kartini dengan KONI Batam

WARTAMANDAILING.COM, Kepulauan Riau – Tidak banyak orang yang tahu tentunya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pertama di Indonesia ternyata ada di Batam. 


” Ya, SMK Kartini Batam merupakan SMK pertama di Indonesia. Konsep ini diprakarsai oleh Ny Sri Soedarsono yang juga merupakan Ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB), yakni yayasan yang menaungi SMK Kartini,” ujar Kepala Sekolah SMK Kartini, Mujiono Spd, Jumat (13/12/19), di sela pembukaan Coaching Clinik kerjasama SMK Kartini dengan KONI Batam. 

Dikatakan Mujiono SMK Kartini berdiri pada 15 Juli 1985, dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Atas (SMKTA) Kartini. Berlokasi di jalan Ir Sutami, Patam, Sekupang Kota Batam. Peresmiannya dilakukan oleh isteri Wakil Presiden saat itu yakni nyonya Umar Wirahadikusumah.

Dijelaskan Mujiono, konsep pendirian SMK Kartini, yakni supaya siswa lulusan level sekolah menengah atas (SMA) pada saat itu sudah memiliki keterampilan kerja, sehingga mereka bisa siap kerja dan siap pakai. 

Pada waktu itu, katanya, memang sudah ada Sekolah Menengah Kejuruan atau Sekolah Teknik (ST) yang sederajat dengan SMP dan Sekolah Teknik Menengah (STM) sederajat dengan SMA. Namun SMK Kartini mengusung konsep yang berbeda. Sehingga pada pada tahun 1997, pada era Mendiknas dipegang Wardiman Djoyonegoro, akhirnya sekolah menengah lanjutan atas (SLTA) dibagi menjadi Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

” Setelah membuat konsep berbeda dengan sekolah kejuruan pada waktu itu, akhirnya konsep yang diterapkan SMKTA Kartini justru diterapkan secara nasional, yakni ditandai dengan pembagian sekolah lanjutan atas menjadi SMU dan SMK. Dan SMKTA Kartini berganti nama menjadi SMK Kartini,” ujar Mujiono. (pr/tk)

Read More