Menu
Warta Mandailing

Rakor TPID Dan Satgas Pangan Kota Padangsidimpuan, Sekdako : “Jaga Kestabilan Harga”

  • Bagikan
Suasana Rapat Koordinasi TPID dan Satgas Pangan Kota Padangsidimpuan, (foto:humas pemko)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Bagian Perekonomian Setda Kota Padangsidimpuan, laksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kota Padangsidimpuan, Diaula Kantor Walikota, Jumat (20/12/2019).

Agus Salim Siregar SP, MM selaku Kepala Bagian Perekonomian Kota Padangsidimpuan melaporkan bahwa dasar pelaksanaan rapat ini bedasarkan surat keputusan Walikota Padangsidimpuan Nomor: 42/KPTS/2019 tanggal 10 Januari 2019 tentang tim Pengendalian inflasi daerah Kota Padangsidimpuan, dan surat keputusan Walikota Padangsidimpuan Nomor: 103/KPTS/2019 tentang Tim Satuan Tugas Pangan Kota Padangsidimpuan.

Bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok bahan pokok serta menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH. Yang dalam hal ini disampaikan oleh Sekda Kota Padangsidimpuan, H. Letnan Dalimunthe S. Km, M. Kes menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan rapat koordinasi TPID Kota Padangsidimpuan yang salah satu tugasnya melakukan koordinasi kebijakan daerah untuk mengatasi permasalahan keterjangkauan barang dan jasa.

Melalui rapat Koordinasi TPID ini beliau berharap untuk terus diperkuat terutama dalam upaya menjaga kestabilan dan gejolak harga serta pasokan komoditas pangan strategis sehingga mengurangi tekanan inflasi.

Beliau melanjutkan, setiap menjelang hari besar keagamaan maupun tahun baru, sudah menjadi fenomena bahwa harga barang kebutuhan pokok masyarakat selalu mengalami kenaikan, hal yang tidak bisa dihindari yang dikarenakan permintaan masyarakat akan bahan pokok meningkat.

Untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah dalam hal ini TPID dan satgas Pangan harus berperan aktif dalam rangka mengelola ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat sehingga jangan sampai terjadi penimbunan yang akan mengakibatkan kelangkaan barang di pasaran dan mengakibatkan melambungnya harga kebutuhan pokok.

Turut hadir, Sekdako Padangsidimpuan, Kasat Reskrim H. Abdi Abdullah, SH, perwakilan BI Sibolga yang diwakili asisten manajer unit advisory ekonomi, dan perwakilan BPS Kota Padangsidimpuan.(bs/r)

  • Bagikan