WARTAMANDAILING.COM, San Francisco – Ditutup sejak tahun 1963, penjara Alcatraz masih dikenal sebagai rutan paling kejam di dunia. Makanan yang disajikan pun tak kalah menarik untuk dibahas.

Mungkin sebagian orang sering mendengar kata Alcatraz. Penjara Alcatraz yang disebut paling buruk, hingga paling kejam di dunia. Penjara Alcatraz memiliki reputasi yang angker dan ketat, bisa membuat semua penjahat gigit jari jika dihukum di sana. Namun, penjara yang terletak di tengah Teluk San Francisco ini, resmi ditutup pada tanggal 21 Maret 1963.

Meski sudah berpuluh-puluh tahun tutup, tapi penjara ini masih menyimpan berbagai fakta dan sejarah menarik dibaliknya. Termasuk makanan-makanan yang biasanya dijadikan menu untuk para narapidana kelas kakap, yang selalu dilempar ke Alcatraz.

Pada tahun 1934, penjara Alcatraz resmi digunakan untuk menampung serta menghukum para penjahat dengan tindak kriminal kejahatan kelas kakap, yang dianggap membahayakan. Penjara Alcatraz ini juga terkenal dengan sebutan ‘The Rock’, karena letaknya yang berdiri di atas pulau karang yang curam.

Meski disebut sebagai penjara paling kejam di dunia, tapi untuk masalah menu makanan. Hidangan yang ada di sana tak main-main, beragam makanan enak disajikan untuk para narapidana setiap harinya. Mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Bahkan menurut sebagian orang, menu makanan di penjara Alcatraz pada era itu jauh lebih baik dan terbilang mewah dibandingkan makanan yang diberikan di penjara-penjara Amerika sekarang. Hidangannya ada susu segar, hingga sup, yang disertai kopi.

Siapa yang menyangka, bahwa tempat yang berada di tengah pulau karang yang curam dan tak berpenghuni, dipenuhi dengan ribuan polisi yang berjaga di setiap sudut penjara. Menjadi tempat yang paling baik untuk mendapatkan makanan gratis.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa setiap makanan yang disajikan di penjara pasti lah tidak seenak makanan yang ada di luar penjara. Bahkan makanan di penjara ini, sering kali menjadi isu yang paling disorot ketika membahas tentang sebuah penjara. Namun hal itu tak pernah terjadi di penjara Alcatraz.

Hampir semua orang setuju bahwa penjara Alcatraz dengan semua kesan ‘angker’ nya, menyajikan berbagai makanan enak dan mewah, untuk memanjakan para kriminal kelas atas yang mematikan. Bahkan menu-menu di cafetarianya disebut, menyesuaikan selera dari para narapidana kebanyakan.

Lewat acara Secrets of America’s Favorite Places, seluk beluk penjara Alcatraz yang kini hanya tinggal kenangan itu, dibahas secara tuntas. Acara ini menobatkan penjara dengan tingkat keamanan tinggi ini, sebagai penjara dengan makanan terbaik di seluruh sistem penjara di dunia.

Menu makanan rumahan yang digemari hampir setiap orang Amerika, seperti Chili Dogs, kentang dengan butter, steak dari daging babi, biskuit dengan gravy, serta hidangan penutup puding pisang menjadi salah satu alasan mengapa penjara ini mirip seperti restoran.

Tak hanya menyajikan makanan enak saja, tapi penjara Alcatraz juga menjamin bahwa semua narapidana yang ada di sana mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Seperti menambahkan menu sarapan seimbang, dari sereal, telur, hingga buah-buahan. Pengurus penjara Alcatraz sendiri percaya, bahwa tindak kejahatan dan kerusuhan di dalam penjara, semuanya disebabkan karena makanan.(bs/sindonews)