(foto : istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Medan – Warga menemukan dua ekor ular piton di dua tempat berbeda di Medan. Satu ekor ditemukan warga di Jalan Marelan Kel Rengas Pulau Medan Marelan dan satu ekor lagi ditemukan di Jalan Kejaksaan Medan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Pencegahan Kota Medan (P2K Kota Medan) melalui Kepala UPT Wilayah I Inti Kota P2K Kota Medan, Surya Efendy Nasution mengatakan, kedua ekor ular itu ditemukan di tempat berbeda.

Di Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, pihaknya menerima informasi dari warga bahwa ada ular di lingkungannya. Kemudian tim turun ke lokasi ternyata benar ada satu ekor ular jenis piton berada di sela-sela dinding di sebuah rumah kosong.

Menurut warga, kata Surya, ular itu terjatuh dari asbes rumah warga kemudian lari ke sela-sela dinding rumah kosong, yang kebetulan ada lubang.

“Dengan menggunakan alat sederhana tim kita berhasil menangkap dua ular jenis piton itu, diperkirakan beratnya 40 kg dengan panjang 4,5 meter,” jelasnya, Rabu (25/12/2019).

Dikatakannya, di sekitar lokasi memang terdapat semak-semak dan gudang botot. Diduga ular tersebut datangnya dari semak-semak itu, naik ke dinding dan masuk ke asbes. “Karena terlalu berat, asbes tidak mampu menahan hingga jebol,” ungkapnya.

Sedangkan ular kedua, lanjutnya, ditemukan di lubang closet duduk masjid Jamik Jalan Kejaksaan, Medan.

“Ini diketahui setelah sholat di Masjid. Ular ini juga jenis piton namun ukurannya tidak sebesar ular yang ditemukan di Medan Marelan,” sebutnya.

Akibat adanya temuan ular itu, warga di dua tempat tersebut sempat geger dan khawatir. Namun, saat ini kedua ularnya sudah diamankan di Dinas P2K Medan dan akan diserahkan ke Medan Zoo untuk diperlihara.(bs/SN)