WARTAMANDAILING.COM, Australia – Saat Indonesia lagi ada bencana banjir di awal tahun 2020, Australia menghadapi bencana lain. Langit di sana menjadi merah seperti darah. Ada apa ini?

Langit berwarna merah darah kali ini berbeda dengan fenomena langit lain. Ini bukanlah sebuah momen observasi ilmiah seperti aurora, halo atau gerhana matahari. Tapi nyatanya ini adalah bencana alam yang mengerikan.

Langit Australia Jadi Merah Seperti Darah (brendanh_au/Twitter)

Rupanya, Australia sedang dilanda kebakaran hutan yang hebat, di puncak musim panas yang terjadi di Bumi bagian selatan. Api melumat di negara bagian New South Wales, Victoria dan Western Australia.

Orang-orang kehilangan rumahnya dalam kebakaran hutan paling buruk di  Auatralia. 4.000 orang terperangkap di Kota Mallacoota, East Gippsland, Victoria dan akan dievakuasi tentara angkatan laut lewat pantai.

Langit Australia Jadi Merah Seperti Darah (brendanh_au/Twitter)

Bencana alam ini sampai menjadi pemberitaan dunia seperti dilansir detikcom, dari Associated Press, Kamis (2/1/2020) Saking parahnya, langit di sana sampai berwarna merah darah yang begitu mengerikan.

Netizen di Australia sampai meyebut suasananya seperti mau kiamat, atau neraka muncul di Bumi. Salah satu foto yang cukup viral dipasang Brendan, seorang warga Mallacoota. Dia memposting beberapa foto yang bikin bergidik ngeri.

Langit Australia Jadi Merah Seperti Darah (brendanh_au/Twitter)

Saat malam hari, asap yang sangat pekat memantulkan warna merah dari api yang menyala membakar semak dan pepohonan. Akibatnya seluruh langit malam menjadi menyala warna merah seperti darah.

Suasana semacam ini sebelumnya hanya kita lihat dalam film dokumenter soal Planet Mars atau film fiksi ilmiah dan fantasi belaka. Namun fenomena alam ini kejadian di dunia nyata, bukan sesuatu yang indah, tapi sebuah bencana alam. Semoga Australia bisa segera mengatasi bencana kebakaran hutan.(bs/detik)