Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto saat menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di kabupaten Natuna (foto:istimewa)

Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto mendampingi kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Natuna.

WARTAMANDAILING.COM, Kepulauan Riau – Presiden RI Joko Widodo bakal meninjau keberadaan kapal-kapal di laut Natuna dan juga dijadwalkan melakukan pertemuan bersama nelayan-nelayan di Natuna, seperti diberitakan Haluan Kepri.com, pada Rabu (8/1/2020).

Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan dalam kunjungan presiden Jokowi ke Natuna ini, ada beberapa hal yang ingin langsung ia minta. Khususnya terkait peningkatan keamanan di kawasan laut Natuna ini.

“Pastinya kita akan minta agar pemerintah daerah dan jajaran penegak hukum lainnya menindak tegas kasus pencurian ikan di laut Natuna,” tegas Isdianto.

Serta Isdianto juga akan meminta pemerintah pusat untuk menjadikan laut Natuna sebagai Kawasan Khusus pertahanan dan keamanan, sehingga nantinya kawasan perairan tersebut selalu dijaga oleh pihak keamanan.

“Dengan menjadinya Kawasan Khusus Pertahanan Keamanan, maka kawasan perbatasan laut Natuna akan senantiasa dijaga aparat keamanan khususnya TNI ,” ungkap Isdianto.

Dan yang paling penting, lanjut Isdianto ia akan meminta langsung kepada Presiden untuk memberikan bantuan bagi nelayan yang ada di Provinsi Kepri khususnya Natuna agar memiliki pengetahuan dan peralatan tangkap yang memudahkan mereka dalam menangkap ikan.

“Selama ini dengan alat dan pengetahuan seadanya membuat nelayan kita kesulitan menangkap ikan,,” tegas Isdianto lagi.

Apalagi dengan kondisi laut Natuna yang cukup luas sehingga dengan kapal nelayan yang ada dan tradisional sehingga memungkinkan mereka sering kesulitan dan bahkan mendapat intimidasi dari kapal nelayan asing yang mencari ikan di wilayah Natuna.

“Kita harap Pemerintah pusat memberikan bantuan kapal yang memadai serta memberikan nelayan kita pengetahuan agar mereka dapat melaut dengan tenang,” tegas Isdianto.(wm/haluankepri.com)