(Foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Padang Lawas telah menyelenggarakan basic training Latihan Kader (LK I) yang diikuti oleh 23 anggota PPM Kabupaten Palas dan Pelatihnya dua orang dari Koramil 08/Barumun, Kodim 0212/TS.

Acara pelatihan tersebut diselenggarakan di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, 23 dan 24 April tahun 2019 yang lalu.

Hal ini disampaikan Ketua PC PPM Palas, Mukhsin Nasution, Sabtu (18/1/2020) di kantor sekretariat PPM palas, Jalan Lintas Sibuhuan-Sosa seperti dilansir dari Sumut24.

Kegiatan Basic Training pertama ini mengusung tema “Membangun pola pikir Anggota PPM, berintelektual, Profesional, Patriotisme dan bertanggung jawab sesuai dengan Motto Perjuangan PPM ‘Tahana Dharma Mangrwa’.

“Motto Perjuangan Pemuda Panca Marga yang memiliki arti ‘Tiada Pengabdian Yang Mendua‘ atau Pengabdian Tunggal,” ungkap Mukhsin.

Ia juga mengatakan, pelatihan basic training pertama tahun 2019 yang lalu, ialah wadah pengkaderisasian yang nantinya harus bisa melakukan suatu perubahan dengan intelektual yang dimiliki.

“Serta proses yang sudah dialaminya, karena dalam jiwa setiap anggota organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) tak lepas dari jiwa seorang para pejuang atau leluhur pendahulunya. Mereka yang rela berjuang demi memperebutkan kemerdekaan dari tangan para pejajah demi kedaulatan NKRI,” beber Mukhsin lagi.

Dikatakannya, banyak sekali nilai-nilai yang terkandung dalam jiwa anak-anak PPM diantaranya memiliki jiwa patriotisme selain memiliki jiwa ikhlas berkorban demi kepentingan bangsa dan negara NKRI.

“Setiap pengurus PPM Palas sepakat untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengantisipasi timbulnya bahaya laten paham tertentu yang mengancam negara dan di daerah masing-masing. Kesepakatan ini juga turut bersama segenap elemen masyarakat dan aparat guna menjaga situasi agar kondusif di setiap daerah Kabupaten Padang Lawas Kita Ini,” ujarnya.

Dia juga berharap, PC PPM Palas ini nantinya bisa menjadi salah satu Garda terdepan di kabupaten Padang Lawas ini. Serta memiliki komitmen terhadap NKRI dan kerjasama dengan stakeholder, terutama kepada pemerintah, organisasi Kepemudaan dan masyarakat. Sesuai dengan Visi Misi Bupati Palas “Bercahaya”.

Sementara itu, sekretatis PC PPM Palas, Aminuddin Harahap mengatakan, bahwa seorang Anggota PPM itu haruslah berani mengkritisi dan menerima jika dikritisi serta bertanggung jawab dalam berbuat.

“Saya bangga motto yang dimiliki PPM. Selain itu PPM pun punya sumpah prasetya yang intinya setia mempertahankan kedaulatan NKRI,” katanya.

Meski begitu ia mengingatkan khususnya segenap anggota PPM yang tersebar di wilayah daerah Kabupten Padang Lawas ini hendaknya dapat ‘mengamalkan’ sumpah prasetya yang sudah diikrarkan itu.

“Jangan sekedar gagah-gagahan. Tapi ini harus dilaksanakan sumpah prasetya itu,” pintanya.

Selanjutnya Bendahara PC PPM Palas, Nelson Pareddi Rambe menyebutkan, kegiatan basic training di tahun 2019 kemarin adalah kegiatan yang memang mesti menjadi suatu keharusan untuk dilaksanakan.

“Karena dengan Kegiatan ini peserta ditempa dan digembleng untuk melahirkan sosok Anggota PPM yang berwawasan luas dan pola pikir yang lebih mandiri, terhadap lingkungannya sesuai dengan perannya sebagai Anggota PPM,” ujar Nelson.(wm/sumut24)