Pengantin Baru! Kisah Perkenalan Kakek 91 Tahun dan Nenek 72 Tahun di Sleman (foto: istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Yogyakarta – Kakek berusia 91 tahun (sebelumnya ditulis 90 tahun), Sukirman resmi mempersunting Sri Maryati (72) pada Jumat 17 Januari 2020. Keduanya mengucap janji sehidup semati di KUA Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Dilansir wartamandailing dari detik.com, Sri Maryati menceritakan awal mula kedekatannya dengan Sukirman. Keduanya tergabung dalam sebuah perkumpulan orang-orang lanjut usia (lansia). Dia mengaku sudah mengenal Sukirman sejak lama.

“Kenalnya dengan bapak (suami) sudah lama, tapi hanya biasa saja. Bapak juga ikut di perkumpulan lansia itu,” ujar Sri Maryati saat ditemui di kediamannya Kaliurang Barat, RT 07 RW 19, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Sabtu (18/1/2020).

Sri Maryati yang seorang janda, lantas dijodohkan dengan suaminya oleh para lansia yang lain. Akhirnya dari perjodohan para lansia itu dia dilamar oleh Sukirman pada 27 Desember 2019.

“Ya yang menjodohkan teman-teman lansia yang lain. Bapak melamar saya tanggal 27 Desember 2019,” ucapnya.

Sementara itu, Sukirman mengaku melamar Sri Maryati bukan karena dasar kebutuhan biologis. Dia mengatakan membutuhkan teman hidup yang bisa diajak untuk berbagi cerita di usianya yang sudah sangat senja.

“Saya ini sudah tua, sendiri kok rasanya tidak enak, saya menikah ini juga bukan untuk menuruti nafsu tapi gotong-royong hidup bersama,” kata Sukirman.

Saat pernikahan dia memberikan seperangkat alat salat sebagai mahar. Sukirman juga menceritakan saat mengucap janji suci itu, tak sedikit pun dia merasa canggung.

“Biasa saja (saat ijab kabul),” kata kakek yang memiliki 19 cucu itu.

Keduanya kini tinggal di sebuah rumah sederhana berukuran 4×6 meter. Menghabiskan masa tuanya untuk saling menjaga dan bertukar cerita.(wm/detik.com)