(Foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Satu unit mini bus jenis Angkutan Kota (Angkot) No. Pol.BB.598 X, ludes terbakar di Jalan Abdul Jalil Lubis Lingkungan Sihoringkoring  Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Senin pagi (20/1/2020).

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, sementara sopir angkot yang juga pemilik kenderaan melarikan diri dan membiarkan kobaran api yang menghanguskan kenderaan miliknya hingga jadi rangka.

Sedangkan sebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib, namun beberapa jerigen Bahan Bakar Minyak (BBM) sempat ditemukan di lokasi mobil yang terbakar.

Informasi yang dihimpun, terbakarnya mini bus tersebut diduga akibat percikan api yang muncul dari bagian mesin mobil, yang akhirnya menyambar bagian yang mudah terbakar di dalam mobil, sehingga api membesar dan membakar seluruh badan mobil.

Api yang membakar mobil tersebut baru dapat dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemko Padangsidimpuan datang dan menyemprotkan air agar api tidak merembet ke tempat lain.

“Ada percikan api yang muncul tiba-tiba dari dalam mobil dan tisak lama kemudian muncul api yang besar dan mengeluarkan kepulan asap hitam yang menghanguskan bobil,” ujar salah seorang warga sekitar yang mengetahui kejadian dan namanya tidak bersedia di publikasikan.

Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan, AKP. Abdi Abdullah SH yang dikonfirmasi melalui Kanit IV Sat Reskrim Polres Padangsidimpuan  Ipda Aguslim, membenarkan kejadian itu dan  pihaknya masih  melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dilokasi kejadian.

“Sebab kebakaran masih dalam penyelidikan kami, namun dari hasil olah TKP yang kami lakukan, petugas menemukan beberapa buah jerigen BBM yang terbakar bersamaan dengan  mobil naas itu,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, mini bus jenis angkot yang ludes di lalap si jago merah tersebut sebelumnya datang dari arah Sitataring  dengan tujuan Batunadua. Persis di jalan yang menurun, tiba-tiba dari dalam mini bus yang naas tersebut muncul api dan membakar seluruh badan mini bus hingga gosong.

“Saat ini, barang bukti telah kami amankan, sementara supir angkot yang terbakar belum diketahui keberadaanya, karena saat kejadian, supir melarikan diri. Kami sedang  melacak pemilik dan supir kendaraan naas tersebut,” ujar Ipda Aguslim.(wm/harian9)