DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan Gelar Hearing dengan PT AR Terkait Pandemi Covid-19 (foto: Dok. Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) lakukan hearing ke PT. Agincourt Resources (AR) terkait pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), hal itu guna mengantisipasi terjadinya penyebaran virus yang dibawa para karyawan PT. AR yang sedang keluar masuk daerah, Selasa (31/3/2020).

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Tapsel yang juga anggota Komisi B, OK Hazmi Usman Siregar mengatakan, bahwa kunjungan hearing (mendengarkan) ini semata-mata untuk kepentingan umat yang diketahui bersama bangsa ini sedang diterpa pandemi Covid-19, yang sama-sama harus diwaspadai penyebarannya khususnya di daerah Tapsel.

“Hearing tersebut diadakan di kantor Camat Batang Toru, kita sengaja mengundang management PT. AR dan Kepala Puskesmas agar secara detail dapat memberikan perkembangan dan kesiapsiagaan terkait penanganan Covid-19 ini,” sebut OK.

Adapun hasil keputusan dari hearing tersebut diantaranya yaitu:

  • Mendorong Pemerintah Daerah untuk segera mendristribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kelengkapan kesehatan pendeteksi Covid-19 ke Puskesmas Batang Toru.
  • Meminta PT. AR untuk dapat menertibkan para karyawan yang keluar masuk khususnya yang datang dari zona merah Covid-19 serta menginformasikan secara transparan kepada Team Covid-19 yang telah dibentuk oleh Pemerintah Daerah tentang kondisi karyawan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (OPD) serta kesehatan para karyawan yang ada di PT. AR.
  • Memberi apresiasi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Batang Toru yang telah bekerja keras melakukan sosialisasi pencegahan serta penyemprotan cairan Disinfektan ke desa- desa serta rumah ibadah.
  • Selanjutnya, meminta kepada PT. AR untuk dapat segera memberikan bantuan berupa Alat Pengukur Suhu Badan serta alat-alat perlengkapan lainnya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

“Dari hasil keputusan tersebut, bahwa kita sepakat untuk segera menindaklanjutinya demi memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Ketua PPP Tapsel tersebut.

DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan Gelar Hearing dengan PT AR Terkait Pandemi Covid-19 (foto: Dok. Istimewa)

“Kita percaya bahwa PT. AR akan segera merealisasikan dan mendistribusikan apa permintaan yang menjadi keputusan bersama dari hasil hearing tersebut, pasalnya selama ini PT. AR sudah berkontribusi banyak termasuk dalam bidang Kesehatan dan Pendidikan di kecamatan Batang Toru dan kecamatan Muara Batang Toru,” tutup OK.

Rilis yang diterima Warta Mandailing, dalam kegiatan tersebut tampak hadir Forkopimcam Batang Toru, Kepala Puskesmas, Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) PT. AR, Klinik PT. AR, Community Relation (Comrel) PT. AR dan para Staf Pegawai DPRD Tapsel.(jup)