Ketua DPRD Tapsel: “Pelantikan Dolly – Rasyid Dipastikan 26 Februari 2021”

Ketua DPRD Tapanuli Selatan, Husin Sogot Simatupang (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktur Jenderal (Dirjend) Otonomi Daerah (OTDA) tertanggal 15 Februari 2021 dengan Nomor: 131/966/OTDA tentang pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Terpilih dijadwalkan pada minggu ke IV bulan Februari 2021 secara virtual.

Meski kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) salah satu daerah dari empat daerah yang mendapat penolakan sengketa Pilkada oleh Mahkamah Konstitusi (MK) diatas tanggal 15-16 Februari lalu, namun atas kerja keras dan sikap tanggap KPU dan DPRD, alhasil pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel terpilih dipastikan pada hari yang ditetapkan.

Hal itu diperkuat dengan penjelasan Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang yang mengatakan, termasuk diantaranya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel terpilih turut dijadwalkan pada pelantikan serentak nantinya.

“Alhamdulillah berkat kerja keras KPU dan DPRD atas percepatan penetapan dan pengusulan paslon Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dan Rasyid Asaaf Dongoran (Dolly-Rasyid) dapat dilantik pada Jumat 26 Februari besok,” kata Sogot kepada wartawan, Rabu malam (24/2/2021).

Dipaparkannya lagi, setelah MK memutuskan untuk menolak gugatan pasangan No. 1 tertanggal 17 Februari kemarin, dua hari berikutnya yakni Jumat 19 Februari 2021, pihak KPU Tapsel langsung melakukan pleno penetapan pasangan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu – Rasyid Asaaf Dongoran sebagai Bupati – Wakil Bupati Tapsel terpilih periode 2021-2024 dan pada hari yang sama melalui rapat paripurna, DPRD Tapsel mengumumkan hasil penetapan itu juga.

Lanjut Sogot, upaya mempercepat Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih agar dapat dilantik secara serentak yakni pada minggu ke IV bulan Februari 2021, dikatakannya, hal itu juga sesuai himbauan dalam surat edaran Kemendagri yang ditanda tangani Dirjend OTDA, Akmal Malik.

“Ada 4 daerah yang penolakan sengketa pilkadanya diumumkan pada tanggal 17 Februari kemarin diantaranya, Kabupaten Tapsel, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Labusel. Namun diantara ke empat daerah ini, Kabupaten Tapsel lah yang tercepat menyelesaikan usulan pelantikan itu, sehingga Tapsel turut serta dalam jadwal pelantikan serentak nantinya, yakni pada sesi kedua usai sholat Jumat,” ucap Sogot yang juga Ketua Tim Pemenangan pasangan Dolly-Rasyid.(Nas)

Read More

Related posts