Persiapan Satgas Pamtas Darat RI-PNG, Yonif 123/Rajawali Terima Pembekalan dari Kantor Bea dan Cukai Sibolga

Dokumentasi Istimewa

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Prajurit Yonif 123/RW menerima Pembekalan dari narasumber Bea dan Cukai TMP C Sibolga yang disampaikan oleh Irwan dalam rangka Kesiapan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Selatan TA 2021 di Aula O.S. Rajagukguk Mako Yonif 123/Rajawali Kota Padangsidimpuan, Kamis (25/2/2021)

Irwan menjelaskan, Bea Cukai adalah salah satu instansi yang bertugas di pos lintas batas negara dan tentunya harus bersinergi dengan TNI untuk menjaga dan memelihara keamanan di Perbatasan baik Orang maupun Barang yang keluar masuk Negara.

Ia juga memaparkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada Prajurit Yonif 123/RW, salah satunya tugas Bea Cukai di perbatasan yakni, memeriksa barang bawaan pelintas batas di PLBN, dan patroli rutin perbatasan bersama instansi terkait lainnya Termasuk Prajurit TNI.

“Kami berharap, sinergi ini dapat membangun situasi yang kondusif di perbatasan,” ucapnya.

Selain itu, Irwan juga menjelaskan peran penting sinergi antara TNI dan petugas Bea dan Cukai di POS Lintas Batas Negara (PLBN) guna mendapatkan pembebasan bea masuk dan pajak.

“Setiap pelintas batas yang membawa barang impor wajib memiliki Kartu Identitas Lintas Batas (KLIB),” pungkas Irwan.

Wadanyonif 123/RW, Mayor Inf Alex D. Surbakti dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka menunjang Tugas Perbatasan RI-PNG Prajurit Yonif 123/RW harus dapat memahami tugas dan membangun sinergi antar instansi termasuk dari Bea dan Cukai.

Read More

“Hal ini dikarenakan Prajurit Yonif 123/RW akan melaksanakan tugas di batas negara yang tentunya akan berhadapan dengan pengamanan lintas batas negara,” ujar Alex.

Dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, tampak antusias prajurit berinteraksi secara bergantian bertanya kepada narasumber dan terlihat diakhir kegiatan, Wadanyonif 123/RW memberikan cinderamata kepada Irwan selaku Narasumber dari KPPBC Sibolga.(r)

Related posts