Menu
Warta Mandailing

Tolak Pergantian Plt Kades, Ratusan Warga Desa Simangambat TB Datangi Kantor Dinas PMD dan DPRD Madina

  • Bagikan
Ketua DPRD Madina, Erwin Lubis temui warga desa Simangambat TB saat menyampaikan aspirasi di depan gedung DPRD Kabupaten Madina (Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Ratusan warga desa Simangambat TB, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendatangi kantor dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Madina di komplek perkantoran Paya Loting, Kamis (6/1/2022).

Kedatangan warga tersebut adalah menolak pergantian Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa yang baru di Desa Simangambat TB. Diketahui jabatan Plt Kepala desa saat ini ialah Muslih, S.Sos yang akan digantikan Plt Kepala desa (Kades) yang baru. Warga menolak pergantian tersebut.

Menanggapi kedatangan warga, Plt Kadis PMD Madina, Drs Parlin lubis menerangkan bahwa jabatan Plt Kades Simangambat TB, Muslih S.Sos telah berakhir. Ia juga menjelaskan saat ini Muslih, selain menjabat Plt Kades dan Kasi Pemerintahan di kantor Camat Pakantan, Muslih juga menjabat Plt Camat Pakantan.

“Namun meski begitu, kita belum menerima berkas tentang siapa penggantinya yang baru. Secara organisasi, dari segi efektivitas dan efisiensi seorang ASN, hal ini tentu sudah tidak efisien atau tidak tepat lagi,” terang Parlin.

Dijelaskannya, sesuai dengan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, maupun peraturan pemerintah nomor 43, bahwa pejabat kepala desa berbeda dengan pejabat kepala desa divinitif.

“Artinya pejabat kepala desa itu diangkat atau diunjuk oleh kepala daerah setempat,” pungkasnya.

Sementara, salah seorang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Simangambat TB, Roil Lubis menuturkan, kedatangan mereka itu terkait informasi pergantian Plt Kades di desa mereka. Mewakili warga, ia mengatakan, tidak ingin Plt Kades Muslih diganti.

“Sebab sejak Muslih menjabat Kades di desa kami, baru inilah kami merasakan nyaman, aman dan kondusif di desa,” ungkapnya.

Roil mengatakan, sejak Muslih menduduki jabatan Plt Kades, pelaksanaan kegiatan dana desa selama dua tahun, jelas dan terbuka. Selain itu, lanjut Roil, semasa Muslih menjabat, warga merasakan manfaat dana desa meskipun hanya Plt Kades.

“Kami berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Madina untuk bisa menjawab keinginan kami, sebelum ada Kades definitif di desa Simangambat TB, keinginan kami Muslih tetap jadi Kades sementara di desa kami,” tutupnya.

Tidak hanya ke kantor dinas PMD Madina, warga selanjutnya menuju kantor DPRD Madina untuk menyampaikan keinginan mereka tersebut. Kemudian disambut baik langsung Ketua DPRD Madina, Erwin Lubis.

Erwin menanggapi aspirasi warga tersebut dan menyatakan, aspirasi dari warga Desa Simangambat TB itu akan disampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati. Menurut yang ia cermati, sosok Plt Kades Muslih telah berhasil menyatu dengan masyarakat Simangambat TB.

“Hal ini terbukti dengan kedatangan bapak ibu ke gedung DPRD ini. Meski begitu, saya yakin Bupati dan Wakil Bupati pasti punya alasan tertentu terkait dengan perihal Plt kades di desa bapak ibu, dan yakinlah hal ini akan kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Madina,” ucap Erwin mengakhiri. (Syahren)

  • Bagikan