Menu
Warta Mandailing

Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2023, Pemko Padang Sidempuan Usulkan Pembangunan Infrastruktur 3 Ruas Jalan Provinsi

  • Bagikan
Gubernur bersama seluruh kepala daerah Zona Pantai Barat melakukan pemukulan rebana sebagai tanda dimulainya Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2023 (foto: Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Kegiatan Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Tahun 2023 Zona Pantai Barat siap dilaksanakan di Kota Padang Sidempuan untuk menyepakati sejumlah hal. Mulai dari permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, hingga arah kebijakan pembangunan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) khususnya wilayah Zona Pantai Barat.

Pra Musrenbang ini diikuti oleh 7 Kabupaten/ Kota, diantaranya, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina), Padang Lawas Utara (Paluta), Padang Lawas (Palas), Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Aufa Royhan Kota Padang Sidempuan, Minggu – Senin (27-28/3/2022).

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH selaku tuan rumah pelaksanaan Pra Musrenbang tersebut dalam paparannya menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Padang Sidempuan berkomiten penuh memberi dukungan terhadap berbagai kegiatan strategis yang direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menuju Sumatera Utara yang bermartabat.

“Dengan visi Padang Sidempuan Bersinar yang berkarakter bersih, aman dan sejahtera. Pemko Padang Sidempuan adalah bahagian yang tak terpisahkan dari kegiatan strategis daerah yang dilaksanakan Pemprov Sumut, serta agar selarasnya visi Pemprov Sumut dengan visi Kota Padang Sidempuan. Melalui Pra Musrenbang ini kami melaporkan khsususnya kondisi tiga ruas jalan provinsi yang butuh perhatian dari Pemprov Sumut yang kami harap dapat diselesaikan dalam kegiatan strategis infrastruktur jalan yang ada di Kota Padang Sidempuan,” papar Walikota Irsan.

Selain itu, kata Walikota, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dilakukan Pemko Padang Sidempuan dengan upaya terus menerus dapat melampaui capaian yang ditargetkan Pemprov Sumut. Demikian halnya dengan prioritas lainnya yang ditargetkan RPJMD Pemprov Sumut dapat ditingkatkan sesuai dengan RPJMD  Kota Padang Sidempuan.

“Sektor-sektor yang diprioritaskan Pemprov Sumut walau masih ada yang dominan, dengan dukungan Pemprov Sumut yakni bapak Gubernur Sumut, Alhamdulillah dapat kami tingkatkan dengan sumber daya alam yang ada di Kota Padang Sidempuan,” imbuh Walikota, Irsan.

Lanjut Walikota, pencapaian seluruh prioritas Pemko Padang Sidempuan yang ditargetkan pada kegiatan strategis daerah provinsi Sumut dapat dikembangkan tentu dengan adanya dukungan dari Pemprov Sumut, salah satunya prioritas sektor pembangunan infrastruktur jalan.

“Kepada bapak Gubernur Sumut, kami berharap infrastruktur jalan yang menjadi daya dukung bagi berbagai pencapaian, baik menuju Sumatera Utara yang bermartabat dan Padang Sidempuan Bersinar tentu menjadi kebutuhan yang sangat real. Melalui kegiatan strategis daerah Provinsi Sumut ini, tiga ruas jalan provinsi mohon menjadi perhatian khusus bapak Gubernur Sumut,” tutup Walikota Irsan dihadapan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Menanggapi hal itu, Gubernur Edy Rahmayadi menuturkan, bahwa untuk Zona Pantai Barat Pemprov Sumut yang meliputi Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Madina, Tapsel, Paluta, Palas, Tapteng dan Kota Sibolga telah menganggarkan prioritas infrastruktur jalan provinsi seluas 132, 00 Km.

“Untuk infrastruktur Pembangunan Jalan Provinsi di Kota Padang Sidempuan yang seharusnya 4,5 Km menjadi 12,8 Km serta rencana program pembangunan rumah tidak layak huni yang akan dilaksanakan paling lambat pada Bulan Mei ini,” kata Edy disambut tepuk tangan meriah.

Gunernur Edy mengatakan, untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur di wilayah Zona Pantai Barat Provinsi Sumut, pemerintah awalnya telah menyiapkan dana sebesar Rp 711 miliar. Namun ada perubahan dana tambahan dari pengajuan pembangunan ruas jalan dari Pemko Padangsidimpuan yang sebelumnya dengan panjang 4,5 kilometer menjadi 12,8 kilometer.

“Awal bulan Mei nanti, In Sha Allah proses pembangunan akan berjalan. Saya minta kepada Walikota dan Bupati agar benar-benar mengawasi pengerjaannya. Bila perlu telepon saya kalau tidak dikerjakan,” tandasnya.

Melalui Pra Musrenbang tersebut, Gubernur mengajak seluruh kepala daerah yang meliputi Zona Pantai Barat lebih serius dan semangat dalam mengawal serta menjalankan pembangunan infrastruktur jalan yang dialokasikan dari APBD Provinsi Sumut.

“Mari bersama kita meningkatkan baik prioritas di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, Ketenagakerjaan, agraris, sektor pariwisata, reformasi birokrasi, sosial kemasyarakatan dan olahraga serta prioritas infrastruktur untuk menuju Sumatera Utara yang bermartabat,” pinta Edy.

“Apa yang kita rapatkan dan kita diskusikan pada Pra Musrenbang ini nantinya yang akan kita bawa ke Musrenbang mendatang dan untuk dilaporkan ke Kemendagri,” pungkas Gubernur Sumut.

Sebelum Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2023 dibuka, acara seremonial penutupan MTQ XXXIII Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 juga digelar secara live di auditorium tersebut.

Sesi akhir dari acara tersebut Gubernur bersama seluruh kepala daerah Zona Pantai Barat melakukan pemukulan rebana sebagai tanda dimulainya Pra Musrenbang.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, sejumlah anggota DPRD Provinsi Sumut dari Dapil Tabagsel, Wakil Walikota Padang Sidempuan, Bupati Tapsel, Bupati Madina, Bupati Paluta, Bupati Palas dan Walikota Sibolga serta Forkopimda Kota Padang Sidempuan bersama pimpinan OPD masing-masing wilayah Zona Pantai Barat. (Nas)

  • Bagikan