Sekdakab Padang Lawas: “Puasa Memyehatkan Jiwa dan Raga”

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution, S.Sos menyerahkan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim kepada 668 orang di Kecamatan Huristak serta bantuan ambal untuk masjid (foto: Dokumentasi)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan hari ke-6 Tingkat Kabupaten Padang Lawas 1443 H/2022 M dilaksanakan di Halamam Kantor Camat Huristak, Selasa (19/04/2022).

Mewakili Bupati Padang Lawas (Palas), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution, S.Sos menyampailan bahwa dari segi kesehatan puasa menyehatkan tubuh. Ketika berpuasa maka akan membatasi dan mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

“Selama berpuasa kita akan menahan diri dan membatasi kebiasaan dan makanan yang kurang sehat misal kegiatan merokok, memakan cemilan seperti coklat dan mie instan,” kata Sekda.

Dikatakan Sekda Arpan, dengan berpuasa berat badan akan turun, zat gula dalam darah akan stabil, kolesteron akan turun sehingga tubuh kita akan semakin bugar dan sehat. “Mens sana in corpore sano” artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Disamping menyehatkan raga, puasa juga menyehatkan jiwa. Dengan berpuasa kita akan mengendalikan emosi. Sabar menjadi hal penting dalam berpuasa karena kesabaran akan membuat jiwa lebih tenang,” tambah Arpan.

Menurutnya, puasa juga dapat mengendalikan serta membersihkan jiwa dari sifat-sifat tercela, seperti sifat dendam, iri, dengki dan sebagainya sehingga dengan berpuasa, seolah olah bertransformasi kembali seperti bayi yang baru lahir.

Pada kesempatan itu, Sekda Arpan menyerahkan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim kepada 668 orang di Kecamatan Huristak serta bantuan ambal untuk masjid.

Sebagai Mubaligh memberikan tausyiah kultum menjelang berbuka puasa yakni, Ustadz Jamasi Gulo. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan sabda Rasulullah, ‘Rajab shayrullah, Sya’ban syahri wa Ramadhan syahru Ummati—Rajab bulan Allah, Sya’ban bulanku dan Ramadhan bulan milik ummat’.

“Maka ketika Bulan Rajab perbanyaklah beristighfar, memohon keampunan atas dosa dosa yang telah diperbuat. Ketika Bulan Sya’ban perbanyaklah sholawat, puji pujian kepada Raslullah Nabi Besar Muhammad SAW. Bulan Ramadhan bulannya umat manusia semesta alam,”maka pada bulan amal-amalmu akan diterima dan doa-doamu akan diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah akan menyambutmu dan mengijabah doa doamu”, ujar Ustadz Gulo.

Bulan Ramadhan ini khusus diperuntukkan untuk ummat Rasulullah SAW, maka ibadah paling utama pada bulan ini adalah sholat dan puasa. Disamping itu perbanyaklah i’tikaf, muhasabah diri, zikir, bertaubat pergiat diri mendidik dan berperang melawan hawa dan nafsu. Insya Allah takbir yang berkumandang pada 1 Syawal nanti adalah takbir atas kemenangan kita meraih kemuliaan Allah SWT.

Seseorang yang dengan ikhlas karena Allah Taala turut membangun mesjid walaupun hanya satu zak semen atau pun satu buah batu bata maka Allah akan memberikannya pahala semisal bait di syurga.

Innama Amruhu Idza Arada Syaian An Yaqula Lahu Kun Fayakun Artinya :Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah, Maka jadilah ia. Qs. Yasin : 82

Dengan ridho Allah SWT, semoga kita termasuk ke dalam golongan orang orang yan menang dan menggapai itqum minannar (yang dijauhkan dari api neraka), ucap Ustadz gulo menutup tausyiahnya.

Turut hadir pada acara ini Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, para Staf Ahli Bupati, Asisten I, II dan III, Para Kepala OPD, Kakan Kemenag, Camat Aek Nabara Barumun serta Kepala Desa se Kecamatan Huristak. (MEP)

  • Bagikan