Menu
Warta Mandailing

BUPATI PALAS: “Mudah-Mudahan Bantuan Zakat Jadi Ikatan Batin Antara BAZNAS, Pemerintah dan Masyarakat”

  • Bagikan
Plt. Bupati bersama Sekda dan Ketua BAZNAS Kabupaten Palas menyerahkan secara simbolis bantuan kepada penerima manfaat zakat yang diwakili dua orang setiap desa (foto: Dokumentasi)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – BAZNAS Kabupaten Padang Lawas menyerahkan bantuan zakat kepada 58 Kepala Keluarga di 6 Desa Kecamatan Batang Lubu Sutam yang terdiri dari : Desa Tanjung Baru 8 KK, Tamiang 27 KK, Tanjung Barani 13 KK, Manggis 4 KK, Siadam 4 KK dan Huta Baru 2 KK.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Palas pada Kamis (21/04/2022).

Ketua BAZNAS Kabupaten Palas, Drs. H. Abdul Haris biasa disapa Ustadz Haris menjelaskan bahwa warga yang menerima manfaat zakat adalah warga yang rumahnya hanyut dan hancur total akibat banjir bandang yang menerjang Kecamatan Batang Lubu Sutam pada Awal Januari 2022 yang lalu dengan nilai Rp. 2 juta per KK sehingga total nilai yang disalurkan sebanyak Rp. 116 juta.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan hasil koordinasi dan kesepakatan antara BAZNAS dengan Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Palas, Arpan Nasution, S.Sos

“Pada prinsipnya bantuan ini adalah bantuan bedah rumah. Untuk itu BAZNAS berharap, walaupun bantuan ini nilainya tidak seberapa, tetapi dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya,” kata Ustadz Haris.

BAZNAS Kabupaten Palas berkomitmen akan terus mendukung program Pemkab Palas dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Disamping menyalurkan manfaat zakat berupa uang tunai baznas juga mempunyai program Baznas Produktif yang kegiatannya melakukan pembinaan UMKM.

Dijelaskan, saat ini BAZNAS telah menyalurkan bantuan peningkatan usaha kepada 20 UMKM di Kabupaten Palas. Program program BAZNAS dapat terselenggara berkat dukungan Pemkab Palas.

“Kita patut berterima kasih kepada Plt. Bupati dan Bapak Sekda karena berkat support beliaulah maka baznas dapat menyalurkan bantuan ini kepada saudara saudara, Dukungan Bapak Plt. Bupati dan Sekda tetap kita harapkan agar penerimaan zakat melalui Baznas akan semakin meningkat sehingga dana yang akan kita salurkan kemasyarakat akan meningkat pula,” ungkap Ustadz Haris.

Alhamdulillah mulai dari awal bencana banjir “bandang menerjang Kecamatan Batang Lubu Sutam Pemerintah Kabupaten Padang Lawas bergerak cepat hadir ditengah tengah masyarakat, bahkan kami berkantor dilokasi terdampak banjir selama 2 minggu. Ini kami lakukan agar kami lebih dekat dengan korban, agar kami tahu apa yang dibutuhkan. Pemerintah membangun dapur umum, membersihkan rumah, jalan yang diterjang banjir dan sebagainya,” tutup Ustadz Haris.

Sampai saat ini sudah 3 bulan 21 hari semenjak bencana, pemerintah tetap berusaha hadir menuntaskan permasalahan permasalahan yang timbul yang diakibatkan banjir bandang sehingga masyarakat dapat bangkit kembali. Plt. Bupati berharap perhatian yang diberikan pemerintah bisa membantu warga.

“Pergunakanlah bantuan manfaat zakat ini sebagaimana mestinya, kiranya bantuan ini menambah kekhusyukan saudara dalam menjalankan ibadah puasa,” pesan Plt. Bupati

Plt. Bupati berharap bantuan manfaat zakat ini tidak membawa konflik di tengah tengah masyarakat. Data penerima manfaat zakat diperoleh langsung dari pejabat desa setempat.

“jangan ada anggapan bahwa kita pilih kasih,” tambah Plt. Bupati.

“Mudah mudahan bantuan zakat yang dananya sebagian besar diperoleh dari gaji ASN dapat menjadi ikatan batin antara Baznas, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan masyarakat,” kata Plt. Bupati menutup sambutannya.

Plt. Bupati bersama Sekda dan Ketua BAZNAS Kabupaten Palas menyerahkan secara simbolis bantuan kepada penerima manfaat zakat yang diwakili dua orang setiap desa. (MEP)

  • Bagikan