Petugas Amankan 2 Unit Excavator dan 4 Pelaku PETI di Kawasan TNBG

Total 2 unit Excavator yang diamankan petugas TNBG dari lokasi PETI di Desa Aek Nangali, Kecamatan Batang Natal (foto: Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pihak petugas Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) akhirnya menerima satu unit excavator dari lokasi penangkapan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Aek Nangali, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha TNBG, Bobby Noviantri di Kantor TNBG Jalan Willem Iskandar, Kelurahan Pidoli Dolok, Panyabungan, Selasa (17/5/2022).

“Pagi tadi kita menerima satu lagi excavator dari tim penegakan hukum yang melakukan operasi terhadap para pelaku penambang di kawasan TNBG. Saat ini sudah ada dua unit excavator yang kita amankan dan empat orang pelaku yang sudah diamankan,” jelas Bobby.

Dia juga mengatakan operasi yang dilakukan oleh Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK) pada Minggu, 15 Mei 2022 kemarin. Kata dia, penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan informasi yang didapat petugas dari masyarakat.

“Sebenarnya sejak dua tahun lalu, kita sudah sering melakukan pengusiran terhadap pelaku pengrusakan hutan dan lingkungan ini. Mungkin sudah ada lima atau tujuh orang yang kita lakukan tindakan representatif, dengan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi,” jelasnya lagi.

Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) ini juga menjelaskan, tindakan tegas dilakukan karena saat ini secara keseluruhan sudah ditemukan banyaknya kerusakan di TNBG. Yang kemudian, BPPHLHK akhirnya mengambil tindakan tegas untuk memberikan efek jera bagi para pelaku.

“Pelaku kali ini kita tangkap ketika sedang melakukan kegiatan ilegalnya. Ini sudah tidak bisa dibiarkan atau didiamkan. Jadi kita harus memberikan efek jera terhadap pelaku. Kami juga berharap masyarakat memberikan dukungan penuh bagi kami agar semua yang terlibat termasuk pendananya bisa diungkap,” tegasnya.

Read More

Keberhasilan dari BPPHLK Sumut ini diapresiasi oleh Yayasan Ekosistem Batang Gadis (YEBG). Melalui Direktur Eksekutifnya, Muhammad Nuh, pihak YEBG mengucapkan terima kasih atas sikap tegas dari para petugas TNBG. Dia juga mengatakan, pihak YEBG akan terus memberikan dukungan untuk para petugas memberantas para perusak lingkungan di TNBG.

“Kegiatan ini sudah lama kita tahu. Kita juga sudah berulang kali juga melaporkan kepada petugas. Bahkan sejak beberapa tahun lalu mereka juga sudah melakukan survei ke lokasi, terhadap kerusakan lingkungan ini,” jelas Nuh.

Nuh juga mengatakan, YEBG selalu siap untuk membantu pihak BPPHLHK dalam mengungkap semua aktor-aktor dalam kegiatan pengrusakan lingkungan hidup ini.

Menurutnya, kasus pengrusakan ini tidak boleh berhenti hanya kepada operator alat beratnya saja. Namun juga harus diungkap siapa saja pemodal bahkan orang-orang yang memback up kejahatan lingkungan hidup ini.

“Semuanya aktor-aktor yang terlibat harus diungkap. Bahkan pihak penyidik BPPHLHK harus membuka siapa-siapa saja yang menjadi pengamanan dalam kegiatan pengrusakan lingkungan hidup ini. Baik dari luar Madina ini maupun orang-orang yang dari dalam Madina sendiri,” tandasnya.

Karena itu, Nuh memberikan harapan yang besar bagi BPPHLHK untuk terus melakukan operasi ini secara berkelanjutan. Dia menilai operasi ini sangat penting bagi perlindungan TNBG dan lingkungan sekitar Taman Nasional tersebut. (Syahren)

Related posts