Menu
Warta Mandailing

Kadis Sosial Nias Utara Sambut Kunjungan Silahturahmi Warta Mandailing

  • Bagikan
Jalin kemitraan, Jurnalis Warta Mandailing kunjungi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara (foto: Yunius)

WARTAMANDAILING.COM, Nias Utara – Adapun syarat penerima bantuan sosial adalah data yang lengkap, tergolong Lanjut Usia (Lansia) dan tidak mampu sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Nias Utara, Drs. Arosokhi Harefa kepada awak media saat melakukan kunjungan silaturahmi, Senin (13/6/2022).

“Terimakasih sudah menjadi mitra Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Nias Utara sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Soal bantuan sosial, perlu kita ketahui bahwa Dinsos hanya memfasilitasi saja. Tentunya data-data setiap warga harus lengkap dan yang menetapkan itu adalah Kemensos,” terang Arosokhi didampingi Yaredi Waruwu selaku Koordinator Kabupaten (Korkab) khusus Bantuan Sosial (Bansos).

Tentang Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), kata dia, memang masih banyak warga yang bertanya-tanya. Baik prosedur kebijakan pemerintah di tingkat daerah maupun di pusat.

“Seyogyanya kita selalu menaati peraturan-peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Bantuan PKH ini langsung dari Kemensos dan sekaligus yang menetapkan penerima bantuan tersebut, dan BLT diselenggarakan oleh pemerintah desa/kelurahan,” paparnya Arosokhi.

Pada kesempatan itu, Korkab khusus Bansos, Yaredi Waruwu menjelaskan, data penerima bantuan PKH, bisa dilihat di Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah diinput oleh petugas Kemensos. Dalam data itu akan diterangkan status apakah tergolong mampu atau tidak mampu.

“Perlu diketahui bahwa syarat menerima bantuan PKH adalah berstatus tidak mampu, punya anak balita, anak sekolah atau beberapa anak dalam satu keluarga. Dan tentunya sudah terdaftar,” tambahnya lagi.

Kata dia, PKH dan penerima manfaat lainnya bisa dilihat lewat aplikasi Cek Bansos yang kita dapatkan di playstore. Dalam aplikasi tersebut, pengunjung bisa memberi sanggahan atau komentar ketika mengalami suatu kendala.

Amatan wartawan, petugas dalam ruangan Dinsos tampak semangat melayani warga dengan baik. Memberikan respon cepat ketika menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan Bansos kepada masyarakat. (Yunius Tel)

  • Bagikan