Wakil Walikota Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Aula Polres Padang Sidempuan

Foto: Dokumentasi Prokopim

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Wakil Walikota Padang Sidempuan, Ir. H. Arwin Siregar MM mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang berlangsung di Jakarta secara virtual dari Aula Polres Padang Sidempuan, Senin (5/9/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang memimpin langsung Rakor mengusung tema, ‘Kebersamaan Menangani Inflasi Daerah Dengan Baik dan Lancar‘ ini, berharap seluruh pihak dapat menyatukan visi misi dan persepsi dalam menekan dan menangani inflasi, hingga ke tingkat daerah sehingga bisa meringankan beban ekonomi masyarakat terutama bagi yang kurang mampu.

Selain Gubernur/ Bupati/ Wali Kota se-Indonesia beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), rakor juga dihadiri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Mentri Sosial Tri Rismaharini, Jaksa Agung Burhanuddin, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh serta sejumlah pimpinan lembaga terkait.

Dalam arahannya Mendagri menyampaikan, bahwa semua pihak harus bersama-sama melakukan langkah antisipatif dalam menekan dan menangani inflasi. Hal tersebut, terangnya, menjadi instruksi langsung Presiden RI Joko Widodo untuk ditindaklanjuti.

“Pesan kami bagi rekan-rekan di daerah, jadikan isu inflasi ini sebagai isu prioritas sehingga upaya penanganannya pun dilakukan secara matang seperti saat menangani pandemi Covid-19,” kata Mendagri.

Mendagri Tito juga menyampaikan beberapa point yang jadi pedoman bagi pimpinan di daerah dalam menangani inflasi di wilayah masing-masing, di antaranya mengoptimalisasi TPID dengan rutin menggelar rapat.

“Bagi Kepala Daerah jangan ragu untuk lakukan rapat secara berkala di wilayahnya dengan seluruh stakeholder terkait,” pesannya.

Read More

Kemudian, mengaktifkan satgas pangan, memastikan BBM subsidi tepat sasaran sampai ke masyarakat yang tidak mampu, gerakkan dan galakkan penghematan energi di daerah. Lalu, massifkan gerakan tanam pangan cepat panen sebagai upaya untuk mencukupi ketersediaan pangan rumah tangga dan mengintensifkan jaring pengaman sosial.

“Selain itu juga kepala daerah dan pimpinan di daerah hati-hati dalam komunikasi publik,” ujar Mendagri Tito Karnavian.

Pantauan, Wakil Walikota Arwin didampingi Ketua DPRD Siwan Siswanti SH, MM, Kapolres Padang Sidempuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo , Kasdim 0212 T/S Mayor Inf Alex Donald Surbakti & Wakapolres Padang Sidempuan Kompol M Firdaus unsur dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang Sidmpuan yang tergabung dalam TPID Kota Padang Sidempuan turut mengikuti jalannya Rakor secara virtual dari Aula Polres Padang Sidempuan itu. (r)