Potensi pasar Bawang Merah Di Kota Padang Sidempuan Masih Begitu Menjanjikan, Ucap Wako Irsan saat ikuti panen di Desa Tinjoman

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Petani Desa Tinjoman, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kota padang Sidempuan panen perdana bawang merah di lahan seluas 600 m2 dengan harga jual hari ini Rp35.000,-.

Kepala Desa Tinjoman pada sambutannya mengucapkan “SELAMAT DATANG” kepada Bapak Walikota beserta Wakil Walikota Padang Sidempuan yang telah berkenan hadir di Saba Tonga Desa Tinjoman.

“Pertanaman bawang merah ini merupakan salah satu bentuk upaya dari desa Tinjoman dalam mencegah inflasi daerah dan untuk produksi bawang merah di lokasi ini bersumber dari ADD (anggaran dana desa) Tinjoman tahun 2022”, ucapnya.

Karena kami (Desa Tinjoman) masih tahap belajar mengenai penamanan bawang merah, maka lahan yang disiapkan untuk tahap awal ini tidak begitu luas. Dan setelah melihat dari hasil panen ini begitu menjanjikan dimasa depan kami berjanji untuk tahun depan akan menyiapkan lahan yang lebih luas lagi, tuturnya.

Oleh karena itu kami juga meminta kepada bapak Walikota agar kiranya memperhatikan sarana dan prasarana di lahan pertanian desa Tinjoman seperti saluran irigasi kami yang telah rusak di tahun – tahun sebelumnya akibat dampat banjir, tutupnya.

Menanggapi hal tersebut Waqlikota padang Sidempuan Irsan Efendi nasution SH, MM menyasmpaikan akan memerintahkan Dinas PUPR untuk segera melihat lokasi irigasi yang terdampak banjir tersebut.

“Menurut saya potensi pasar bawang merah di Kota padang Sidempuan masih begitu menjanjikan sehingga saya terus mendorong para petani untuk terus malaksanakan pertanaman. Disamping hasil yang begitu menjanjikan untuk kesejahteraan para petani sendiri ini merupakan salah satu langkah menjaga inflasi daerah”, ungkapnya.

Read More

Di tempat yang sama Kadis Pertanian Kota padang Sidempuan Edi Darwan mengatakan bahwa dari hasil panen bawang merah sebelum – sebelumnya bawang merah di desa Tinjoman yang di panen ini adalah kualitas super. Dengan luas lahan 600 m2 seperti yang disampaikan Kepala Desa, saya memperkirakan hasil panen ini nantinya akan mencapai 1,1 ton.

Menurut Edi jika dihitung dari HPP (harga pokok produksi) petani saat ini dengan harga jual di pasaran, para petani pasti mengalami keuntungan yang cukup menjanjikan. Dia berharap kedepan semakin banyak petani yang melaksanakan pertanaman bawang merah di Kota Padang Sidempuan sehingga nantinya kita (Kota Padang Sidempuan) bisa surplus bawang merah. (r)