Walikota Resmikan Peringatan HKN ke-58 Tingkat Kota Padang Sidempuan

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution membuka secara resmi puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Kota Padang Sidempuan. Mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, acara dipusatkan di Alaman Bolak, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Walikota membacakan pidato Menteri Kesehatan, menyebutkan pada peringatan HKN ke-58 baru saat ini dilaksanakan dimana sebelumnya kita dihadapkan pada situasi Pandemi, sekaligus juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air. 

Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang, katanya.

“Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasiteknologi kesehatan”, sebutnya.

Selanjutnya, Wali Kota Irsan Efendi mengharapkan Kota Padang Sidempuan sebagai rujukan dikawasan Tabagsel dalam segala bidang, termasuk kesehatan dapat terus dipertahankan dam ditingkatkan, harap Wali Kota Irsan.

Wali Kota juga menyampaikan momentum HKN KE-58 kita jadikan refleksi, kontemplasi, perkuat soliditas sesama insan kesehatan, saling menguatkan, kita ingin dinas kesehatan menjadi OPD yang dibanggakan masyarakat, ujarnya.

“Saya juga menaruh harapan besar kepada Dinas Kesehatan, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Rumah Sakit untuk terus meningkatkan pelayananan kesehatan, mengedepankan kemanusiaan”, tuturnya.

Read More


Plt Kadis Kesehatan m Saidah Asro Fauziah Siregar dalam laporannya menyampaikan seyogianya peringatan Hari Kesehatan Indonesia ke-58 adalah tanggal 12 November 2022, di Padang Sidempuan baru kita laksanakan tanggal 22 November 2022 dengan mengusung tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku.

Lomba Senam Pronalis pada lansia, Penilaian KBK, Peringatan hari kesehatan ke-58 pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah; bekerjasama dengan YKI memberikan penyuluhan seputar kanker, ucapnya.

Acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis plakat Posyandu Lansia Semangka Kelurahan Wek V, Posyandu Lansia Melati Kelurahan Ujung Padang, penyerahan jaminan kematian dari klaim BPJamsostek Padang Sidempuan, juga pemotongan Kue.

Turut hadir Wali Kota, Wakil Wali Kota, Para Asisten, Staf Ahli, Seluruh OPD, Pimpinan Rumah Sakit Se-Kota Padang Sidempuan, Kepala Cabang BPJamsostek, Kepala Cabang BPJS Kesehatan, Wakil Ketua TP-PKK, Ketua IDI, Ketua IBI. (r)