Walikota: “Pertanaman Bawang Merah Saat Ini Salah Satu Fokus Pemko Padang Sidempuan”

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH, MM penuhi undangan kelompok tani Desa Labuhan Rasoki, Kamis (8/12).

Kepala Desa Labuhan Rasoki Rahmat Harahap mengucapkan “Selamat Datang kepada Bapak Walikota beserta rombongan dan saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu memenuhi undangan masyarakat Desa Labuhan Rasoki pada kegiatan penanaman perdana bawang merah.

Saya berharap dengan dilaksanakannya penanaman perdana bawang merah di Desa Labuhan Rasoki ini dapat menjadi percontohan untuk petani – petani di desa sehingga semakin banyak yang bertani bawang merah di Kota Padang Sidempuan.

Diwaktu yang sama ketua kelompok Tani Desa Labuhan Rasoki Sundut Simanjuntakenjelqskan bahwa lahan yang digunakan untuk percontohan pertanaman bawang merah ini dengan luas kurang lebih 3500 M2 di 2 (dua) lokasi yang tidak berjauhan dan bibit yang digunakan adalah berjenis Bima.

Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH, MM pada sambutannya mengatakan bahwa pertanaman bawang merah di Kota Padang Sidempuan sudah beberapa tahun dilaksanakan.

Wako Irsan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang APBN yang menyatakan bahwa dana desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%.

“Untuk Kota Padang Sidempuan sendiri kita fokuskan pada pertanaman bawang merah”, ungkap Wako Irsan.

Read More

Menurut beliau Bawang merah merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi, untuk itu diperlukan upaya dalam menekan inflasi di sektor komoditas tersebut.

“Saya berharap dengan dijaganya kesinambungan pertanaman bawang merah di Kota Padang Sidempuan dapat menekan laju inflasi”, ucapnya.

Wako Irsan juga sangat mengapresiasi rekan – rekan penyuluh yagg tidak lelah dalam membagi ilmu terkait bawang merah kepada para petani di Kota Padang Sidempuan. (r)