Walikota Padang Sidempuan Pimpin Rapat Pembentukan SPBE

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution pimpin rapat pembentukan Dewan Penyelenggaran SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Kota Padang Sidempuan menuju Smart City , Jum’at (16/12) di Emerald Hall Hotel Mega Permata.

Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Padang Sidempuan dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan adalah membentuk Dewan Penyelenggara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Smart City Kota Padang Sidempuan, sehingga Dewan Penyelenggara SPBE menuju Smart City Kota Padang Sidempuan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat serta pengetahuan, regulasi dan substansi pengelolaan kegiatan SPBE terjadi persamaan persepsi agar terciptanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Smart City Kota Padang Sidempuan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna.

Islahuddin Nasution menambahkan Dasar Pelaksanaan adalah Peraturan Presiden no. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sedangkan Peserta diikuti seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah se kota padang sidempuan, pimpinan BUMN, BUMD, pimpinan perguruan tinggi dan stakeholders terkait”, katanya.

Wali Kota Irsan Efendi Nasution dalam sambutannya Kota Padang Sidempuan menuju smart city dalam merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan SPBE Kota Padang Sidempuan haruslah dengan mengadopsi perkembangan serta mempertimbangkan unsur kearifan lokal untuk menentukan arah kebijakan pembangunan kota yang sama-sama kita cintai ini, katanya.

Beliau juga menyampaikan pembentukan Dewan SPBE melalui Dinas Kominfo adalah upaya melengkapi ikhtiar yng sudah kita lakukan, dan harus simultan didukung penuh Seluruh  Organisasi Perangkat Daerah.

“Dewan SPBE juga menjadi filter bagi pemerintah untuk menerapkan suatu aplikasi karena harus di diskusikan dengan semu stakeholder termasuk perguruan tinggi”, katanya.

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota, Asisten III Administrasi Umum, Kaban Baplitbangda, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan dan BUMN, Direktur ADOPE Indonesia. (r)

Read More