Ketua KPU Kota Padang Sidempuan Minta PPK yang Baru Dilantik Tidak Keluar Jalur Penyelenggaraan Pemilu

Ketua KPU Kota Padang Sidempuan, Tagor Dumora melantik 30 anggota PPK se Kota Padang Sidempuan (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Sebanyak 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu Tahun 2024 se Kota Padang Sidempuan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Sidempuan, Tagor Dumora di Hotel Sitamiang, Kota Padang Sidempuan, Rabu, 4 Januari 2023.

Pada pelantikan PPK pada pemilu tahun 2024 itu dihadiri Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Sidempuan, Syafri Muda Harahap dan Kapolres padang Sidempuan diwakili Waka Polres Kompol Muhammad Firdaus.

Ketua KPU Kota Padang Sidempuan, Tagor Dumora dalam pidatonya menyampaikan, PPK mempunyai peran strategis dalam menjaga demokrasi, sebab, keberadaan PPK menjadi salah satu penentu baik tidaknya Pemilu. Karenanya ia meminta kepada jajaran di tingkat PPK agar tidak bermain-main dalam menjalankan tugas negara sebagai penyelenggara pemilu.

“Saat ini anda telah resmi menjadi penyelenggara, banyak tugas menanti anda artinya saudara harus memahami komando secara berjenjang. Barang siapa yang mencoba bereksperimen atau keluar dari jalur siap-siap menerima konsekuensinya,” tegas Tagor di hadapan anggota PPK yang baru dilantik.

Tagor menyebut, untuk kelancaran tugas-tugas PPK tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah secara berjenjang. Sesuai surat Mendagri, pemerintah diharapkan memberikan fasilitas sekretariat kecamatan.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Padang Sidempuan, Syafri Muda Harahap mengatakan, bahwa integritas seorang penyelenggara sangat menentukan suksesnya pelaksanaan pemilu. Artinya kalau aturan sudah dijalankan dengan baik maka prosesnya akan berjalan dengan baik.

“Saya mengucapkan selamat kepada komisioner PPK yang baru dilantik. Fakta integritas bagi saya adalah sikap kita sebagai penyelenggara. Dengan integritas yang anda ucapkan adakah kunci suksesnya pemilu,” ungkapnya.

Read More

Ucapan selamat juga disampaikan Waka Polres, Kompol Muhammad Firdaus kepada komisioner PPK yang baru dilantik. Ia juga mengingatkan kepada seluruh penyelenggara untuk menjaga integritas agar tidak berurusan dengan hukum nantinya.

“Jangan bereksperimen, seperti yang disampaikan ketua KPU atau keluar jalur karena kalau keluar jalur maka akan berurusan dengan hukum,” imbuh Waka Polres.

Pada kesempatan itu, Walikota Irsan Efendi menyatakan siap mendukung proses berjalannya demokrasi pemilu 2024. Selain itu, ia juga mengintruksikan kepada jajarannya seperti camat, lurah dan kepala desa agar mendukung fasilitas sekretariat PPK nantinya.

“Selamat kepada PPK yang terpilih dan telah sah dilantik sebagai bagian penyelanggara pemilu serentak 2024, amanah dan jalankan tugas dengan jujur, adil sesuai mekanisme dan aturan perundang – undangan,” pinta Irsan.

“Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab dan bersinergi bersama pemerintah untuk menghasilan pemilu dengan baik,” pungkasnya.

Diketahui, peserta yang dilantik ini merupakan anggota PPK terpilih dari enam kecamatan yang ada di kota Padang Sidempuan. Di antaranya, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidempuan Tenggara, Padang Sidempuan Batunadua, Padang Sidempuan Angkola Julu, dan Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru. (Nas)

Related posts