Selamat ! Parsadaan Marga Pulungan Sedunia Terbentuk

Bagas Godang Marga Pulungan Beserta Tugu Marga Pulungan di Kecamatan Hutabargot Kabupaten Madina, fhoto : istimewa.
Bagas Godang Marga Pulungan Beserta Tugu Marga Pulungan di Kecamatan Hutabargot Kabupaten Madina, fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Keluarga besar Ikatan Pemuda Mandailing (IPM) mengapresiasi telah berdirinya Parsadaan Marga Pulungan Sedunia (PMPS) yang baru saja dibentuk dan diresmikan oleh sejumlah tokoh bermarga Pulungan pada Sabtu (11/3/2023).

Tan Gozali Ketua IPM mengaku, jika keluarga IPM sangat mendukung dan mengapresiasi berdirinya PMPS guna menyatukan seluruh keluarga marga Pulungan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tan Gozali juga mengungkapkan, selain menyatukan keluarga marga Pulungan, PMPS ini juga dibentuk oleh beberapa tokoh adat marga Pulungan dan marga lainnya yang ada di tanah Mandailing.

Terlebih dukungan kepada PMPS, keluarga besar IPM juga turut mengharapkan dukungan dari semua lembaga adat yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Utara untuk saling menjaga adat istiadat dan selalu mengingat para leluhur bangsa Mandailing.

Faisal Ali Sutan Pulungan bergelar Sutan Pulungan Naposo yang terpilih sebagai ketua umum PMPS periode tahun 2023-2026 menuturkan, dengan terbentuknya PMPS, diharapkan semua kalangan yang bermarga Pulungan bisa menjaga marwah dan nama baik marga Pulungan.

Sutan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung berdirinya PMPS.

“Saya mewakili seluruh Marga Pulungan memberikan rasa hormat dan apresiasi yang tinggi kepada semua warga Mandailing, serta tokoh masyarakat dan tokoh adat atas dukungannya dengan berdirinya parsadaan marga Pulungan ini,” ucapnya kepada wartawan.

Read More

Hal yang sama juga diucapkan Ringgo Siregar ketua Karang Taruna Kecamatan Siabu yang juga bergelar Mangaraja Marancar keturunan dari raja Lottung Siregar.

Ringgo mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi berdirinya PMPS di Kabupaten Madina yang juga Kabupaten asal usulnya marga Pulungan.

“Semoga dengan berdirinya PMPS ini dapat memperkuat tali silaturrahmi antar marga Pulungan yang ada di tanah Mandailing maupun di seluruh wilayah yang ada di negara republik Indonesia.”ucap Ringgo.

Tak hanya itu. Amir Mahmud Lubis S.Ag, MA tokoh masyarakat Madina juga memberikan ucapan selamat kepada semua keluarga besar marga Pulungan atas dibentuknya PMPS ini.

Amir mengaku dan yakin dengan dibentuknya PMPS tersebut dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap adat dan budaya yang selama ini dianggap sudah ditinggalkan sebagian masyarakat.

Amir juga mendoakan semoga PMPS ini membawa manfaat dan perubahan bagi seluruh marga Pulungan dan juga masyarakat Indonesia khususnya warga Kabupaten Mandailing Natal.

Diketahui, jika marga Pulungan dan kerajaannya berada di wilayah Panyabungan, tepatnya, di Kecamatan Hutabargot. Namun untuk anak keturunan dari marga Pulungan saat ini tersebar di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. (Red)