Lantai Jembatan Gantung Rusak : Sepeda Motor Penjual Ikan Jungkir

Jembatan Rambin Simpang Kordes Rusak Parah, Sepeda Motor Penjual Ikan Keliling Jungkir. fhoto : Istimewa.
Jembatan Rambin Simpang Kordes Rusak Parah, Sepeda Motor Penjual Ikan Keliling Jungkir. fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Kondisi jembatan gantung akses penghubung Desa Muara Pertemuan ke pusat Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal mengalami kerusakan parah, hal ini membuat penjual ikan keliling mengalami kecelakaan.

“Iya bang, tadi pagi seorang penjual ikan keliling jatuh dan sepeda motornya terperosok di jembatan itu.”ujar Riswan lewat sambungan telepon, Rabu (5/4/2023).

Lanjut Riswan, jembatan gantung akses penghubung beberapa desa itu berada di areal perkebunan dan kondisinya memang sudah sangat memperhatikan.

“Jembatan ini akses satu satunya warga untuk menuju pusat kecamatan, lantai jembatan sudah lapuk, warga sudah sering mengalami kecelakaan di jembatan ini.”sebutnya.

Sementara tokoh masyarakat Abdi Negara Lubis menceritakan, lantai jembatan ini berbahan dasar kayu dan sebagian terlihat sudah lapuk, selain itu, besi penahan jembatan di beberapa bagian sudah bengkok.

“Jembatan rambin simpang kordes, akses utama sejumlah desa di wilayah ini, seperti Desa Batahan 1,2,3 dan juga beberapa desa lainnya.”ujar Abdi.

Abdi Negara Lubis mengakui, kondisi jembatan gantung usianya sudah cukup lama, bahkan sudah mencapai puluhan tahun, sehingga memang sudah layak untuk diperbaiki total.

Read More

“Jembatan ini dibangun sekitar tahun 80 an, lebarnya 2 meter dan panjang 80 meter, akses ini hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki.”ujar mantan kades ini.

Jembatan tersebut menurutnya juga sangat rawan untuk dilalui kendaraan, sebab beberapa bagian lantai sudah lapuk termakan usia.

“Itu banyak kayu sudah lapuk, memang saat menjabat kades dulu, kami sering memperbaiki jembatan tersebut dengan cara swadaya.”ujarnya.

Dia menjelaskan, selama menjabat lantai jembatan harus dilihat kondisinya setiap saat, ketika ada yang rusak atau patah maka harus diganti. Selain itu, Prihal ini sudah sering kita ajukan melalui Musrenbang dan profosal pembangunan ke pemerintah namun hingga kini tidak pernah terealisasi.

“Kami berharap kepada pemerintah untuk segera dapat memperbaiki jembatan gantung ini, kami kwatir mengancam keselamatan warga, sebab jembatan ini sudah sangat parah.”tutupnya. (Syahren)